Cianjur Gempa, Menparekraf Sandiaga Uno Janjikan Destinasi Wisata Cianjur Kembali Pulih

Sandiaga

POJOKJABAR.COM, BANDUNG – Gempa yang mengguncang Kabupaten Cianjur dengan magnitudo 5,6 SR pada Senin 21 November 2022, menghancurkan infrastruktur di Cianjur termasuk infrastruktur destinasi wisata.


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menjelaskan saat ini Kemenanterian Pariwisata bergerak untuk membantu tanggap darurat di Cianjur.

“Ada 14 posko di Cianjur dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, guna masa tanggap darurat membantu pemda dan unsur lainnya agar masyarakat segera bisa mendapatkan bantuan yang layak pasca gempa, ” jelasnya, Kamis 24 November 2022, saat berkunjung ke RS Boromeus usai menjenguk ibu Lien Maliana, ibu dari Mantan Ketua KADIN Jabar.

Sandiaga menambahkan, bahwa Cianiur menjadi daerah terbaik destinasi wisatanya, seperti gunung Padang itu destinasi wisata terbaik.


“Situs gunung Padang menjadi destinasi wisata terbaik di Cianjur, secara nasional. Kita akan lakukan pembenahan setelah masa tanggap darurat ini, ” jelasnya.

Selain destinasi wisata, ekonomi kreatif di Cianjur sangat terdampak. Seperti hotel di Cipanas, pusat jajanan dan lainnya.

“Pasti terdampak juga ekonomi kreatif, kami Kemenparekraf baru mempromosikan kopi cianjur, dan kini hasilnya belum kami pantau pasca gempa. Yang pasti kita akan pulihkan dulu psikologi masyarakat Pariwisata disana, agar bangkit kembali, ” pungkas Mantan Wagub DKI Jakarta ini.

(Arief / Pojoksatu)