Aliran Dana dari Doni Salmanan Mengalir ke Istri dan Ibu, Segini Jumlahnya

Sidang perdana Doni Salmanan
Sidang perdana Doni Salmanan di Pengadilan Negeri Bale Bandung, Kamis 4 agustus 2022./Foto: Arief

POJOKJABAR.com, BANDUNG– Sidang perdana Doni Salmanan dengan kasus trading ilegal digelar di Pengadilan Negeri Bale Bandung dengan agenda pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), kamis 4 Agustus 2022.


Saat pembacaan dakwaan oleh JPU Kejari Bandung pada sidang perdana Doni Salmanan, jaksa mengungkap adanya aliran dana ke istri Doni Salmanan dan orang tua dari Doni Salmanan, yakni ibunya.

Jaksa pun merincikan, uang pertama yang diterima dari Doni Salmanan kepada Dinan adalah senilai Rp 50 juta yang diberikan pada bulan November 2021.

Uang itu digunakan untuk kepentingan uang muka vendor pernikahan. Kemudian, pada bulan Januari 2022, Doni kembali memberikan uang senilai Rp 200 juta kepada Dinas untuk keperluan sehari-hari. Uang itu ditranfer langsung dari rekening Doni ke rekening milik Dinan.


“Uang senilai Rp 200 juta pada sekitar bulan Januari 2022 untuk keperluan sehari-hari via transfer,” kata jaksa saat sidang secara daring, Kamis 4 Agustus 2022.

Lalu, Doni juga disebut pernah memberikan uang senilai Rp 400 kita kepada Dinan pada bulan Februari 2022 yang digunakan untuk keperluan sehari-hari. Selanjutnya, kata jaksa, Doni kembali memberikan uang senilai Rp 5 juta dan Rp 10 juta untuk Dinan guna keperluan membayar WiFi dan listrik rumah.

Baca: Jaksa Sebut Sejumlah Nama Artis dalam Dakwaan Terhadap Doni Salmanan

“Uang senilai Rp 400 juta pada sekitar bulan Ferbruari 2022 untuk keperluan bulanan atau kebutuhan sehari-hari,” ungkap jaksa.

Selain uang, sambung jaksa, Doni juga disebut pernah memberikan perhiasan dan barang mewah untuk Dinan.

Misalnya, mahar pernikahan senilai Rp 200 juta, tas merek Hermes senilai Rp 350 juta, jam tangan merek Hermes senilai Rp 10 juta, tas merek Michaele Kors senilai Rp 4 juta, Tas Donini senilai Rp 4 juta hingga tas merek Louis Voiton senilai Rp 3 juta.

Baca: Sidang Digelar Secara Daring, Jaksa Dakwa Doni Salmanan Raup Keuntungan Rp 40 Miliar dari Quotex

“Tas Louis Voiton kurang lebih Rp 30 juta dan Tas Tory Burch kurang lebih Rp 3 juta,” ungkap jaksa.

Selain kepada istrinya, uang keuntungan yang diperoleh Doni juga mengalir ke ibunda dari Doni. Dalam dakwaan, total uang yang diperoleh ibunda dari Doni sekitar Rp 220 juta. Uang itu diberikan secara bertahap selama rentang bulan Maret 2021 hingga Januari 2022.

“Digunakan untuk keperluan atau kebutuhan hidup sehari-hari,” kata jaksa.

Baca: Pengadilan Negeri Bale Bandung Gelar Sidang Perdana Doni SalmananĀ 

Sebelumnya diberitakan, Doni didakwa Pasal 45A ayat (1) jo Pasal 28 Ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik sebagaimana diubah dan ditambah dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.(arf/pojokjabar)