DPRD Jabar Dorong Masyarakat Ciamis Gali Potensi Ekonomi dari Sampah Jadi Peluang Ekonomi Masyarakat

Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jabar Fraksi Gerindra, Hj. Tina Wiryawati saat reses di Kecamatan Ciamis dan Panumbangan, Rabu 20 Juli 2022.

POJOKJABAR.id, BANDUNG – Anggota Komisi I DPRD Jabar Fraksi Gerindra, Hj. Tina Wiryawati, terus mendorong masyarakat melalui program pemberdayaan dan potensi peluang ekonomi bagi masyarakat.


Dalam program tersebut, Tina menyarankan agar masyarakat dapat menggali potensi yang ada di lingkungannya masing-masing.

“Potensi ekonomi masyarakat itu salah satunya bisa dari pemanfaatan sampah rumah tangga,” ungkapnya saat reses di Kecamatan Ciamis dan Panumbangan, Rabu 20 Juli 2022.

Sebagaimana diketahui bahwa sampah rumah tangga setiap harinya selalu menghasilkan sampah organik maupun non organik.


BACA JUGA : Komisi V DPRD Jabar Usulkan Gubernur buat Pergub Pungutan Liar

Sampah non organik dapat dipilah dan bisa menjadi daya jual, apalagi Kabupaten Ciamis telah didukung dengan adanya program Bank Sampah.

Sedangkan sampah organik dapat dijadikan solusi untuk budidaya maggot.

“Nah maggot ini juga dapat menjadi peluang usaha tambahan untuk masyarakat,” imbuh dia.

BACA JUGA : Banyak Korban Tewas, DPRD Jabar Prihatin Karawang Darurat Miras

Jika masyarakat berani mengambil peluang tersebut, pihaknya akan memberikan pelatihan budidaya maggot. Bahkan memberikan solusi pemasarannya.

Permintaan maggot, kata Tina, luar biasa dan cukup tinggi. Karena maggot sendiri sebagai pengganti sumber protein pakan olahan atau pelet.

BACA JUGA : Bantu Dongkrak Ekonomi Masyarakat, Anggota Komisi III DPRD Jabar Ini Dorong Pemprov Rajin Gelar Event Sport Tourism

Sementara dari potensi lainnya, yaitu potensi ekonomi yang ada di pedesaan. Potensi di pedesaan sangat berlimpah.

“Saya melihat tiap-tiap desa memiliki potensi dan kekayaan yang bisa dikembangkan,” tutur Tina.

Jika potensi tersebut dikembangkan dan diolah secara profesional, maka akan memberikan dampak kesejahteraan bagi masyarakat desa.

Dengan adanya potensi desa wisata, masyarakat bisa menjual hasil olahan produknya, baik berupa makanan maupun oleh-oleh.

Selain itu, banyaknya para pelaku wisata yang berkunjung, dapat dijadikan solusi juga. Seperti pemanfaatan sampahnya, baik organik maupun non organik.

Desa wisata yang telah berhasil dibina oleh Tina Wiryawati yaitu desa wisata yang ada di Desa Cikaso, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan.

“Di sana potensinya sangat bagus, view-nya ada sawah dan gunung,” kata Tina.

Jika masyarakat mampu menggali potensi itu, ia mengaku siap membina dan menghadirkan ahli perekonomian dan pariwisata.

“Sehingga ekonomi masyarakat yang ada di wilayah pedesaan dapat meningkat,” tutupnya.

(Advertorial humas DPRD Jabar)