Usung Tema Budaya Nusantara, TK Al Muhajirin Gelar Perpisahan bagi 32 Siswa yang Akan Masuk ke Jenjang SD

Perpisahan tk

POJOKJABAR.COM, BANDUNG – Masa anak anak adalah hal yang paling menyenangkan, terlebih saat usia 4 sampai 5 tahun, sudah belajar di sekolah tingkatan taman kanak – kanak (TK).


Meski masa belajar di sekolah tingkat TK hanya berlangsung dua tahun, masa ini menjadi masa menyenangkan.

Perpisahan dan kenaikan kelas di semua tingkatan sekolah baik TK hingga SMA banyak dilakukan di bulan Juni ini, termasuk yang dilaksanakan oleh TK Al Muhajirin Karang Arum, Desa Melatiwangi, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung.

TK Al Muhajirin menyelenggarakan kegiatan perpisahan bagi siswa TK yang akan melanjutkan ke tingkat SD dan yang naik ke kelas A.


Kepala Sekolah TK Al Muhajirin, Wina Hidayatul Huda menjelaskan bahwa dalam kegiatan perpisahan ini, terinspirasi dari arahan sang dosen saat masa kuliah dulu.

“Konsep perpisahannya ini sinergi antara orang tua dan sekolah. Ketika kuliah dulu, dosen memberi contoh agar ikatan orang tua dengan sekolah dan siswa itu harus dibangun dalam kegiatan bersama, seperti outbond dan acara perpisahan,” jelasnya, Selasa 21 Juni 2022.

Kegiatan ini sendirian, dipersiapkan selama satu bulan kebelalang.

“Sebenarnya ini dipersiapkan satu bulan ke belakang, melihat anggaran, Alhamdulillah banyak mendukung donatur, dan panitia ini luar biasa,” jelasnya.

Tema yang diusung dalam kegiatan perpisahan TK, yakni tema Nusantara.

“Tema Nusantara, dimana gaun pentas anak anak dari hasil tangan panitia, tercetus gitu aja mengangkat bhineka tunggal Ika, bahkan para guru menggunakan pakaian adat, ada Padang, Papua, Kalimantan. Ini juga sebagai bentuk mengenalkan kepada anak tentang Nasionalisme budaya Indonesia,” jelasnya.

Tahun ajaran 2021/2022 ini ada 32 siswa TK yang lulus dan akan melanjutkan ke tingkat SD.

Dalam kegiatan perpisahan,diisi dengan pentas kreasi siswa yang mengusung tema budaya, seperti tari tarian dari daerah di Indonesia, membaca puisi dan menyanyi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, tokoh masyarakat Karang Arum, sesepuh, unsur pemerintahan desa, babinkamtibmas Polsek, serta masyarakat sekitar karang Arum.

Terpisah, Ketua RW 01 Karang Arum, Imam Santoso mengaku sangat senang melihat tumbuh kembang anak anak yang begitu pesat.

“Anak TK ini kan ibarat bibit, mereka tumbuh dengan pesat, pintar dan cerdas, bisa melakukan kreasi budaya Nusantara yang diajarkan gurunya, semoga anak-anak ini menjadi anak yang Soleh dan Sholehah,” papar Ketua RW 01 Karang Arum.