Alhamdulillah, Akhirnya Ribuan Jemaah Calhaj Kabupaten Bandung yang Tertunda karena Pandemi Akan Diberangkatkan Tahun Ini

Ilustrasi haji dan umrah. Foto/IST

POJOKJABAR.id, BANDUNG – Bupati Bandung, Dadang Supriatna mengumumkan, bahawa ada sebanyak 1.167 jemaah calon haji (calhaj) dari Kabupaten Bandung, akan diberangkatkan pada musim haji tahun ini.


Dadang mengakan, jemaaah (calhaj) yang akan diberangkatkan merupakan calon jemaah haji 2020 yang tertunda akibat Pandemi Covid-19.

“Dari 1.167 calon haji yang diberangkatkan, sebanyak 404 orang setiap kloter penuh (di kloter 20 dan 29). Sedangkan kloter gabungan yakni 3 orang di kloter 38, sebanyak 301 orang pada kloter 43, dan 55 orang di kloter 44,” kata Dadang.

Dadang mengatakan, untuk kloter 1 Jawa Barat, akan masuk embarkasi pada tanggal 3 Juni 2022, dan take off tanggal 4 Juni 2022, dengan jumlah hari penerbangan sekitar 30 hari.


Namun menurutnya, hingga saat ini pihaknya masih menunggu jadwal pasti, keberangkatan dari Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bandung.

“Untuk jadwal pasti keberangkatan belum ada, kami terus berkoordinasi dengan Kemenag. Namun rencananya, tempat pemberangkatan para calon haji akan dilaksanakan di Lanud Sulaiman,” kata Dadang.

Dadang mengingatkan, kepada para pembimbing haji, untuk lebih tertib dalam mengatur pergerakan jemaah selama musim haji, termasuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Musim haji kali ini diprediksi agak berat karena masuk musim panas. Untuk itu seluruh jamaah harus memperhatikan kondisi fisik dan kesehatannya,” ujarnya.

Dadang mengimbau, kepada seluruh jemaah agar selalu mematuhi protokol kesehatann, meskipun sudah ada kelonggaran.

“Jangan lupa, para jamaah calon haji harus memenuhi persyaratan-persyaratan yang diminta, khususnya mengenai vaksin, PCR dan lainnya,” ucapnya.