Terima Surat Penangguhan Penahanan Habib Bahar Smith, Polda Jabar Serahkan Kewenangan ke Penyidik

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo. Foto/Arif

POJOKJABAR.id, BANDUNG – Polda Jabar resmi menerima surat penangguhan penahanan terhadap Habib Bahar Smith, terkait penahanan atas kasus dugaan ujaran kebencian.


Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrrahim Tompo menjelaskan bahwa surat penangguhan penahanan sudah diterima oleh Polda Jabar.

“Jadi kita sudah sudah menerima surat yang bersangkutan melalui pengacaranya atau kuasa hukumnya siang ini, jadi surat itu terdiri dari dua rangkap, pertama surat jaminan di seseorang berinisial A kemudian surat permohonan penangguhan penahanan dari tim kuasa hukumnya,” jelasnya, Rabu 5 Januari 2022 di mapolda Jabar.

Kabid Humas menambahkan, bahwa surat ini baru diterima hari ini.


“Karena surat ini baru diterima nanti kita serahkan ke penyidik, untuk dilakukan pertimbangan karena melihat dari proses perkara, ini kan membutuhkan kelengkapan penyelesaian administrasinya otomatis juga kita berikan kesempatan pada penyidik untuk menyelesaikan seluruh rangkaian penyidikan,” jelasnya.

Terkait apakah diterima atau tidak surat penangguhan penahanan ini, Kabid Humas memastikan bahwa itu kewenangan penyidik.

“Berrkas perkara ini masih terus didalami penyidik, itulah biasanya membutuhkan keberadaan tersangka, jadi pertimbangannya selalu kembali kepada penyidik tentang kebutuhan tersangka tersebut, apakah penyidik masih membutuhkan tersangka atau bagaimana nanti itu nanti akan kembali ke pertimbangan penyidik nantinya,” paparnya.

Saat ditanya soal alasan penangguhan penahanan, Kabid Humas memastikan bahwa alasannya normatif.

“Alasan penangguhan itu masih normatif ya, masih dalam batas wajar saya kira,” pungkasnya.