Viral Danrem 061 Surya Kencana Datangi Pesantren Habib Bahar, Ini Penjelasan Kodam III Siliwangi

POJOJABAR.com, Bandung – Viral video perwira tinggi TNI dari Korem 061 Surya Kencana mendatangi kediaman Habib Bahar di Bogor.


Perihal viralnya video tersebut, Kodam III Siliwangi angkat bicara terkait video tersebut.

Kapendam III Siliwangi Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto, saat dikonfirmasi mengungkapkan bahwa maksud dari kedatangan Brigjen TNI Achmad ke pesantren Bahar yakni dalam rangka pengamanan tahun baru.

Hal tersebut sesuai dengan instruksi dari pemerintah pusat melalui Instruksi Kementerian Dalam Negeri.


“Akan tetapi, kedatangan dari Brigjen Achmad malah ditanggapi secara tidak baik oleh Bahar. Padahal, kedatangan Achmad ke pesantren itu untuk memberikan imbauan agar menaati protokol kesehatan,” jelasnya saat dikonfirmasi, Sabtu  (01/01/2021).

Kolonel Inf Arie menambahkan, pesantren milik Bahar menjadi salah satu yang disorot karena dikhawatirkan menimbulkan kerumunan.

“Namun, karena tak ditanggapi dengan baik, terlontar ucapan dari Achmad soal kasus dugaan ujaran kebencian yang kini ditangani oleh polisi. Terus ada pesan yang disampaikan terkait ceramahnya gitu kan, memang harapannya dari Bapak Pangdam sudah disampaikan ke saya itu kan menginginkan kita ini agar wilayah ini kondusif lah, terbebas dari ujaran kebencian yang saling menyalahkan satu sama lain, berawal dari medsos dan sebagainya,” jelas dia.

Kolonel Arie pun menegaskan, bahwa TNI memiliki tugas teritori yakni menjamin kondusifitas di kewilayahan.

“Brigjen TNI Achmad dalam hal itu bertindak sebagai pimpinan kewilayahan,” terangnya.

Kapendam menegaskan, Danrem 061 Surya Kencana juga mengingatkan Bahar soal pentingnya Habluminannas dalam agama Islam terutama soal etika ketika berbicara dengan orang lain.

“Kita ini memiliki peran teritorial, kewilayahan. Jadi kondusifitas wilayah itu sangat penting,” pungkasnya.

(arf/pojokjabar)