Polisi Sudah Periksa 34 Orang Saksi Terkait Kasus Dugaan Ujaran Kebencian oleh Habib Bahar

Habib Bahar
Habib Bahar bin Smith.

POJOKJABAR.com, Bandung – Polda Jabar secara maraton memeriksa para saksi kasus dugaan ujaran kebencian oleh Habib Bahar Smith.


Perkara dugaan ujaran kebencian yang disampaikan oleh Habib Bahar bin Smith telah ditingkatkan dari tahap lidik ke penyidikan.

Polda Jabar melalui Ditreskrimum dan Ditreskrimsus dalam memproses perkara itu, telah memintai keterangan dari sejumlah saksi.

Ditreskrimsus Polda Jabar Kombes Pol Arif Rahman menjelaskan bahwa sejauh ini, tercatat ada 21 saksi ahli yang sudah dimintai keterangan oleh polisi.


“Saksi yang terdiri dari saksi ahli bidang agama, bahasa hingga kedokteran forensik. Diketahui, ujaran mengandung unsur kebencian itu disampaikan Bahar dalam ceramahnya di Kabupaten Bandung,” papar Direskrimsus Polda Jabar Kombes Pol Arif Rahman, Jumat 31 Desember 2021 di gedung Ditreskrimsus Polda Jabar.

Apabila ditotalkan, menurut Kombes Arif, total terdapat 34 orang saksi yang dimintai keterangan oleh polisi.

“Ke depannya, dipastikan penyidik dari Ditreskrimum Polda Jabar dan Ditreskrimsus Polda Jabar akan memeriksa saksi lainnya,” terangnya.

Kedepan rencana tindak lanjut adalah tentunya kami secara simultan terus tim bekerja secara simultan untuk melakukan pemeriksaan pemeriksaan lain yang relevan dengan pidana yang terjadi.

Sebelumnya diberitakan, Bahar akan dimintai keterangan di Polda Jabar pada tanggal 3 Januari mendatang.

Dia dijerat dugaan tindak pidana menyebar informasi untuk menimbulkan rasa kebencian dan atau permusuhan individu dan atau kelompok sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45A ayat (2) UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan atau Pasal 14 dan Pasal 15 UU RI nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana.

(arf/pojokjabar)