Launching Buku “ Perilaku tanpa Sampah” PKS Terdepan Mengelola Sampah

Peresmian Buku Panduan Praktis. Dede

Peresmian Buku Panduan Praktis. Dede


POJOKJABAR.com, BANDUNG – DPW PKS Jawa Barat melakukan peresmian Buku Panduan Praktis “Perilaku Tanpa Sampah” dan Komunitas Rumah Pak Seja.

Bertempat di Kantor DPTW PKS Jawa Barat, acara ini digelar secara daring dan luring mengingat Pandemi belum berakhir sehingga peserta mengikuti melalui zoom meeting.

Acara yang awalnya dihadiri oleh Bid Ekuintek-LH se Jawa Barat ini menarik minat provinsi yang lain untuk turut serta mengikutinya.

Tidak kurang dari 150 peserta, dari berbagai provinsi mengikuti melalui zoom meeting dan ratusan lainnya melalui siaran langsung di Chanel PKSTV Jabar dan PKSTV Nasional.

Menurut Ketua Bidang Ekuintek-LH PKS Jawa Barat, Ir. H. Asep Arwin Kotsara, M.Eng bahwa launching ini adalah bagian dari tindak lanjut program “Indonesiaku Hijau” yang dilakukan oleh DPP PKS.

Ketua DPW PKS Jawa Barat, Dr. Haru Suandharu, S.Si., M.Si. dalam sambutannya berpesan bahwa buku “Perilaku Tanpa Sampah” ini disertai dengan pembentukan komunitas yang memiliki perhatian terhadap pengelolaan sampah.

Beliau juga menyoroti pengelolaan akhir sampah di Legok Nangka – Kab Bandung. Tingginya biaya dan volume sampah di Jawa Barat tentu kita tidak akan mampu mengatasinya jika, hanya mengandalkan TPPAS saja.

“Ada lima aspek penting dalam tata Kelola sampah, yakni Regulasi, Institusi, Anggaran, Teknologi
serta Partisipasi Masyarakat,” papar Haru Suandharu, Rabu, 1 September 2021.

Dari 5 aspek tersebut kuncinya adalah Political Will dari Pimpinan Puncak.

“Sampah tidak akan selesai, tidak ada Political Will baik dari Kepala Daerah dan DPRD pada tingkat daerah. Termasuk dipusat,” tegasnya.

Ditambahkan Haru, political will dari Pemerintahan Pusat, mulai dari Presiden RI hingga DPR RI, sangat sangat menentukan.

Dr. Mardani Ali Sera, M.Eng (Ketua DPP Bidang TEKIN-LH) yang mewakili Presiden PKS berkenan meresmikan launching Buku Panduan Praktis “Perilaku Tanpa Sampah” dan Komunitas Rumah Pak Seja.

Beliau menyampaikan apresiasi luar biasa atas terbitnya buku Perilaku Tanpa Sampah.

“Buku ini bukan hanya turunan dari Gerakan Indonesiaku Hijau tetapi juga turunan dari arah kebijakan Partai keadilan Sejahtera dan visi Partai menjadi Partai yang rahmatan lil alaamin,” papar Mardani.

(dat/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds