Cuaca Buruk, Harga Cabai di Kota Cimahi Mulai Naik

Ilustrasi Cabai .

Ilustrasi Cabai .


POJOKJABAR.com, CIMAHI – Cuaca buruk yang tengah terjadi selama beberapa hari ke belakang membuat pasokan cabai merah menurun hingga berakibat pada lonjakan harga di sejumlah pasar tradisional Kota Cimahi.

Kasubag Tata Usaha (TU) UPTD Pasar Kota Cimahi, Andri Gunawan menyebutkan, harga cabai merah di Pasar Atas Baru, Pasar Cimindi, dan Pasar Melong mengalami kenaikan hingga rata-rata Rp 1.000 sampai 2.000 per kilogram. Dengan harga yang dijual kisaran 35.000 per kg, di Pasar Cimindi Rp 30.000 per kg, dan di Pasar Melong Rp 25.000 per kg.

“Saat ini harga cabai merah rata-rata mengalami kenaikan hampir di semua pasar tradisional Kota Cimahi,” jelas Andri.

Menurutnya, kenaikan harga cabai merah disebabkan oleh faktor cuaca buruk yang tengah terjadi saat ini.

“Cuacanya lagi kurang bagus buat cabai, jadi pasokan berkurang. Dampaknya ya terjadi kenaikan harga,” sebutnya.

Yusuf, pedagang sayuran di Pasar Cimindi. Menurutnya, pasokan cabai ke pasar tradisional terkendala setelah daerah penghasil cabai seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur banyak yang mengalami gagal panen. Kalau pun ada yang panen, tetap tidak optimal.

“Mungkin karena cuacanya yang tidak menentu. Sebab cuaca kan sangat berpengaruh terhadap panen atau tidaknya para petani,” katanya.

Hal lain adalah, distribusi barang mengalami keterlambatan dari biasanya. Pemasoknya harus menunggu cabai terkumpul sesuai standar minimal, sebelum dikirim ke pasar. Selain cabai merah, kata Yusuf, harga cabai keriting hijau juga mengalami kenaikan dari asalnya Rp 20.000 per kg menjadi Rp 23.000 per kg. Begitu pula harga cabai rawit hijau mengalami kenaikam dari Rp 30.000 per kg menjadi Rp 31.000 per kg.

“Sementara untuk cabai keriting merah harganya tetap yakni Rp 25.000 per kg. Sementara cabai rawit merah harganya turun dari Rp 37.000 per kg menjadi Rp 36.000 per kg,” ungkapnya.

Lilis, pedagang sayuran di Pasar Atas Baru mengaku, naiknya harga cabai dikeluhkan sejumlah konsumen. Tidak sedikit konsumen yang tidak jadi beli, karena menganggap harganya terlalu mahal.

“Kalau omset pastinya turun drastis. Kita juga ngga bisa jual dengan harga seperti sekarang ini, soalnya pembelinya keberatan. Agar barang laku, kita paling turunkan harganya sedikit,” ujarnya.

Ia pun memperkirakan harga cabai akan terus mengalami kenaikan, mengingat kondisi cuaca yang tidak menentu.

“Ditambah lagi mau mengjadapi Hari Raya Iduladha,” katanya.

Sementara harga sayuran lainnya relatif masih stabil. Diantaranya, wortel Rp 10.000 per kg, tomat Rp 8.000 per kg, kentang Rp 15.000 per kg, buncis Rp 10.000 per kg. Harga bawang merah dan bawang putih juga relatif stabil, bawang merah Rp 27.000 per kg, dan bawang putih Rp 26.000 per kg.

(rbd/bie/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds