Antisipasi Klaster Mudik Lebaran, Plt Wali Kota Cimahi: Pengurus RT/RW Harus Proaktif

Pelaksana Tugas (Plt.) Walikota Cimahi, Ngatiyana

Pelaksana Tugas (Plt.) Walikota Cimahi, Ngatiyana


POJOKJABAR.com, CIMAHI – Bagi warga Cimahi yang kembali ke kota Cimahi setelah mudik pada libur Lebaran akan diminta untuk melapor ke pengurus RT dan RW lingkungan tempat tinggal mereka.

Hal itu dilakukan sebagai antisipasi akan munculnya kasus Covid-19 pascamudik Lebaran, meski sebelumnya pemerintah pusat telah menerbitkan larangan mudik Lebaran pada 6-17 Mei 2021 Pelaksana Tugas (Plt.) Walikota Cimahi, Ngatiyana mengatakan, bahwa pihaknya tidak mau kecolongan, sebab masih banyak masyarakat yang melakukan mudik sebelum masa penyekatan larangan oleh pemerintah.

Untuk itu pengurus RT dan RW mesti proaktif melakukan pendataan ke warga dan menginstruksikan untuk melakukan rapid test antigen bagi warga yang mudik.

“Kalau ada warga yang sudah mudik harus lapor ke pengurus RT dan RW dan wajib melaksanakan rapid test antigen sebagai jaminan keamanan dari paparan Covid-19,” kata Plt Wali Kota Cimahi, Ngatiyana, Senin (17/5).

Ia mengungkapkan, bahwa pihaknya tidak mengetahui berapa jumlah warga Cimahi yang melakukan perjalanan mudik. Namun diprediksi jika puncak kedatangan pemudik dari luar daerah menuju Cimahi diprediksi terjadi pada satu minggu ini.

Dirinya tidak ingin, seusai libur kasus Covid-19 di Cimahi kembali melonjak. Oleh karenanya masyarakat diminta tetap menjalankan protokol kesehatan ketika beraktivitas di luar rumah. Jangan sampai kendor, karena ancaman Covid-19 hingga kini masih belum hilang.

“Nanti akan ketahuan berapa warga yang mudik, dari laporan pengurus RT dan RW. Tapi kalau melihat ramainya pusat perbelanjaan dan pasar saat sebelum Lebaran, sepertinya tahun ini tidak terlalu banyak yang mudik,” tuturnya.

Berdasarkan data, selama masa pelarangan mudik 6-17 Mei 2021, tercatat ada sebanyak 108.000 kendaraan yang diperiksa saat keluar dari Gerbang Tol Baros. Sementara kendaraan yang diputarbalik sebanyak 310 kendaraan. Lalu ada dua warga yang reaktif saat menjalani rapid test antigen.

(RS/bie/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds