Antisipasi Pemudik, Dishub Bandung Barat Akan Sekat Perbatasan

Petugas saat lakukan penyekataan. Ist

Petugas saat lakukan penyekataan. Ist


POJOKJABAR.com, NGAMPRAH – Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat (KBB) melakukan penyekatan di sejumlah titik di perbatasan, jalan alternatif dan pintu tol yang diprediksi menjadi gerbang lintas para pemudik.

Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi pemudik usai pemerintah pusat melarang masyarakat mudik pada Idul Fitri 1442 H demi menekan angka penyebaran Covid-19.

Kadishub KBB, Lukmanul Hakim menjelaskan, larangan mudik tersebut berlaku sejak 22 April sampai 24 Mei 2021 dengan dibagi menjadi tiga masa pengawasan. Tiga masa itu yakni masa pramudik, masa mudik dan pascamudik.

“Posko penyekatan ada dua. Satu berada di Grafika Cikole untuk menyekat pergerakan dari Subang dan satu lagi di pintu tol Padalarang,” katanya, Senin (26/4).

Ia menambahkan, masa pramudik terhitung sejak 22 April sampai 5 Mei dan masa mudik terhitung 6 sampai 17 Mei sementara itu pascamudik terhitung sejak 18 sampai 24 Mei.

“Pada masa pramudik dan pasca mudik kami hanya melakukan pengetatan pengawasan. Namun di masa mudik benar-benar ditiadakan. Hanya yang memiliki kepentingan dinas, keluarga sakit, kepentingan ibu hamil atau butuh persalinan dan orang meninggal,” katanya.

Ia menegaskan, pihaknya bekerjasama dengan Satlantas Polres Cimahi untuk melakukan penindakan terhadap para pemudik yang bandel. Salahsatunya diputarbalikkan jika tidak memiliki alasan kuat perjalanan.

“Kebetulan kalau penindakan menjadi kewenangan kepolisian, kita bersama-sama dengan kepolisian akan memaksa pemudik untuk putar balik,” katanya.

Lukman menyebut, Kabupaten Bandung Barat sebagai salah satu tujuan wisata diprediksi bakal didatangi banyak wisatawan pada libur lebaran nanti. Oleh karena itu, pihaknya melakukan langkah antisipasi.

“Kita akan lakukan kegiatan rampcheck pasca Lebaran di kawasan Lembang pada tanggal 21 sampai 30 Mei karena diprediksi akan terjadi lonjakan wisatawan dari luar kota ke kawasan wisata Lembang,” pungkasnya.

(rbd/kro/bie/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds