Potensial untuk Pekerja Migran Bidang Pelayaran, Ini Permintaan Hasbullah

Ilustrasi TKI

Ilustrasi TKI


POJOKJABAR.com, BANDUNG– Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi PAN, Hasbullah mengusulkan agar Pemprov Jabar memiliki SMK Pelayaran Negeri khusus Provinsi Jabar.

Hal ini, menurut Hasbullah sesuai dengan kebutuhan bagi tenaga pekerja migran dari Jabar di bidang pelayaran.

“Saat studi banding mengenai perda pekerja migran, terungkap bahwa calon tenaga kerja migran di bidang pelayaran asal Jabar banyak menempuh pendidikan di Tegal Jawa Tengah, karena di sana ada SMK Pelayaran Negeri,” jelasnya, Selasa (23/2).

Hasbullah menambahkan, bahwa saat ini memang Provinsi Jabar belum memiliki SMK Negeri khusus pelayaran.

“Belum ada sampai saat ini, dan harus disiapkan, ke depannya Pemprov harus memiliki SMK Negeri Pelayaran,” jelasnya.

Hasbullah menambahkan, bahwa dengan Perda PMI ini, nantinya TKI atau TKW dilakukan pendampingan baik sebelum berangkat, di negara tujuan dan saat pulang purna menjadi TKI TKW.

 

“Kami komitmen, dalam Perda ini nantinya Dinas memberi pendampingan tiga tahun, sehingga kedepan pekerja migran Indonesia asal Jabar tidak habis uang hasil bekerja di luar negeri. Sehingga bisa punya modal, sepeti etos kerja di negara tujuan, dan modal itu akan kita arah kan jadi wirausaha baru yang bisa mendongkrak daerah dan warga sekitar desanya,” jelasnya.

Perihal tenaga pelayaran asal Jabar yang jadi TKI atau TKW, Hasbullah melihat ini peluang besar untuk mencetak tenaga pelayaran yang ahli.

“Harus segera, ya, itu untuk SMK pelayaran, karena bisa mencetak pekerja pelayaran yang handal,” jelasnya.

(Adv/arf/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds