Petugas Pikul “Pundung”, Keluarga Gotong Sendiri Peti Jenazah Covid-19 sampai ke Liang Lahat

Petugas pikul jenazah covid-19 mohok kerja. Foto/Arif

Petugas pikul jenazah covid-19 mohok kerja. Foto/Arif


POJOKJABAR.id, BANDUNG – Buntut dari tersinggung dengan komentar di media sosial yang menyebutkan pungli, petugas pikul janazah covid-19 menolak mengangkut peti mati di lahan pemakaman Covid-19 di Bandung.

Akibatnya keluarga jenazah Covid-19 yang hendak dimakamkan hari ini, terpaksa membawa peti jenazah sendiri meski sebenarnya tidak diperbolehkan.

Salah satu keluarga jenazah, Dede (60), mengaku kebingungan kenapa tidak ada yang menggotong peti jenazah adiknya itu.

“Ambulan lama nunggu disana, alasannya gak ada orang untuk memikulnya. Kemudian, saya konfirmasi disini, memang orang yang mengangkat jenazah disini gak ada, makanya dari sana lama. Jadi akhirnya mau tidak mau keluarga harus turun tangan,” ujar Dede saat ditemui di Pemakaman Covid-19, Cikadut, Kota Bandung.

Dede merasa tidak tahu menahu dengan apa yang terjadi. Ia pun merasa kebingungan karena harus memakamkan jenazah adiknya secara mandiri. Dede pun meminta bantuan kepada adik-adiknya untuk mengangkut peti jenazah tersebut.

“Tadinya juga saya bingung, masalahnya apa, saya engga punya APD nya, kedua saya kan ga biasa jadi harus bagaimana. Masalahnya kita ga biasa ya, itu adik adik saya semua yang bantu ngangkut peti,” tuturnya.

Dede pun tidak mengetahui adanya aksi yang dilakukan oleh jasa pikul pemakaman Covid-19.

“Jelas kebingungan. Masalahnya kan kami tidak pengalaman gitu, umumnya kan kalau di rumah sakit sudah ada tim ya terus disini juga ada tim, ternyata pas disini istilahnya ada demo ya, aduh bagaimana ini, ada demo,” ucapnya.

Ia berharap agar Pemerintah Kota Bandung dapat menyelesaikan masalah yang ada. Menurutnya, tidak ada indikasi pungli yang dilakukan oleh petugas di pemakaman.

“Harapan saya kepada pihak Pemkot tolong kepada pihak-pihak yang terkait, tolong dikonfirmasi jalan yang baik bagaimana caranya. Gak ada salahnya apalagi orang-orang disini kan saya perhatikan sifatnya gak ada pemaksaan, barusan disini welcome gak ada apa-apa,” pungkasnya.

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds