Jasa Gotong Jenazah Covid-19 di Bandung Tambah Menjamur

Ilustrasi jenazah pasien covid ./Foto: Istimewa

Ilustrasi jenazah pasien covid ./Foto: Istimewa


POJOKJABAR.id, BANDUNG – Proses pemakaman jenazah pasien COVID-19 ditanggung pemerintah. Namun tidak termasuk menggotong jenazah dari area parkir pemakaman hingga lokasi liang lahat.

Oleh karena itu selama pandemi ini menjamur jasa gotong jenazah di TPU Cikadut Bandung. Hal itu tidak ditampik pengelola.

Salahsatu pengelola TPU Cikadut Sudrajat menjelaskan Dinas Penataan Ruang (Distaru) Kota Bandung yang berwenang mengurus TPU, hanya memfasilitasi penguburan jenazah.

Sementara penggotongan jenazah setelah dikeluarkan dari ambulans menuju ke tempat pemakaman diserahkan kepada keluarga.

“Jasa angkut? Iya kendalanya di situ, kalau pemakaman gratis, bahkan untuk penggalian pengurugan juga, kalau ada yang ngasih diterima kalau tidak ya enggak kenapa-kenapa,” kata salah satu pengelola TPU Cikadut Sudrajat, Senin (25/1/2021).

Sudrajat menyebut penyedia jasa gotong jenazah pasien Corona itu bukan dari Distaru ataupun pekerja harian lepas (PHL) Distaru.

“Jasa pikul itu dari luar. Itu warga, kalau PHL kami, yang membuat liang lahat, kita ada 20 orang PHL-nya,” ujarnya.

Menurutnya untuk jenazah COVID-19 muslim dan non muslim di TPU Cikadut ada sekitar 600 orang. “Sekitar 600 orang,” tuturnya.

Sekitar 10 liang lahat setiap harinya disiapkan oleh pihaknya. “Untuk COVID-19 10 liang lahat sehari,” katanya.

Ia menambahkan untuk kuota pemakaman jenazah COVID-19 di TPU Cikadut bisa mencapai 5 ribu. “Bisa untuk 5 ribu, ini luas lahan sekitar 2 hektare,” tamabahnya.

Sebelumnya salahsatu keluarga pasien COVID-19 mengungkapkan harus mengeluarkan uang Rp 1 juta untuk jasa angkut jenazah dari area parkir hingga tempat pemakaman.

“Memberi kepada yang gotong Rp 1,3 juta, ditawar jadi Rp 1 juta,” ujarnya. Bahkan kabarnya keluarga pasien lain harus mengeluarkan uang hingga Rp 2 juta untuk jasa gotong jenazah.

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds