Pemkot Bandung Mulai Longgarkan Jam Operasional Mal dan Restoran

Walikota Bandung, Oded M Danial

Walikota Bandung, Oded M Danial


POJOKJABAR.id, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung melonggarkan aturan bagi sejumlah sektor bisnis dengan memperpanjang jam operasional bagi sektor bisnis seperti mal dan restoran hingga pukul 20.00 WIB meski kasus Covid-19 tengah mengalami lonjakan.

Pada aturan sebelumnya, mal dan restoran hanya diperbolehkan buka hingga pukul 19.00 WIB. “Terkait dengan relaksasi ekonomi, Pemkot Bandung akan mengikuti arahan pemerintah pusat,” kata Wali Kota Bandung Oded M Danial.

Pemerintah pusat memutuskan untuk memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM sampai 8 Februari. Kebijakan itu turut dilaksanakan oleh Pemkot Bandung lewat aturan PSBB proporsional.

Sebelum memutuskan pelonggaran, Oded mengatakan ada perdebatan alot saat rapat terbatas pimpinan daerah Kota Bandung. Namun pada akhirnya seluruh pihak sepakat untuk mengikuti aturan dari level pemerintahan lebih tinggi.

Meski begitu, Oded memastikan pihaknya bakal melakukan pengawasan protokol kesehatan dengan cukup ketat berkaitan dengan pelonggaran tersebut. Sejauh ini, kata dia, Satpol PP Kota Bandung telah beberapa kali melakukan penindakan terhadap sektor bisnis yang melanggar ketentuan.

“Terkait dengan ada beberapa oknum yang kucing-kucingan, kita sepakat ke depannya akan terus melakukan penegakan hukum lebih ketat, sekarang sebetulnya sudah banyak yang disegel,” kata Oded.

Kasus Covid-19 di Kota Bandung sudah mencapai angka 7.654 orang secara kumulatif, dengan angka kasus terkonfirmasi aktif sudah mencapai 1.638 kasus.

Di luar perubahan tersebut, aturan dalam PSBB Proprosional yang berlaku di Kota Bandung masih sama, yakni mengacu pada Perwal Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar Secara Proporsional dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Namun, akan ada perluasan ruas jalan yang ditutup selepas magrib.

Oded mengatakan pembahasan evaluasi PSBB proporsional dan penerapan aturan kedepannya berjalan cukup alot. Namun semua bersepakat untuk mengikuti arahan pemerintah pusat dan melanjutkan atura PSBB proprosional lewat perwal yang sudah ada.

“Kami sepakat perwal yang ada ini masih relevan dan kami rasakan cukup optimal,” ungkapnya.

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds