Harga Cabai di Sejumlah Pasar Tradisional Kota Cimahi Mendekati Rp100 Ribu per Kilogram

cabai. ist

cabai. ist


POJOKJABAR.com, CIMAHI – Minim pasokan harga cabai rawit merah di sejumlah pasar tradisional Kota Cimahi tidak stabil. Berdasarkan data dari sistem informasi e-pasar Kota Cimahi, Kamis (7/1), harga cabai rawit merah di Pasar Cimindi, mengalami penurunan. Sebelumnya, harga cabai rawit merah Rp80.000 per kilogram, turun menjadi Rp70.000 per kilogram.

Sementara di Pasar Melong, cabai rawit merah naik menjadi Rp90.000. Sebelumnya Rp80.000 per kilogram. Kenaikan harga cabai rawit merah itu pun terjadi di Pasar Atas Baru, dengan harga yang sama. Hani (35), seorang pedagang sayuran mengatakan, kenaikan cabai rawit merah berlangsung secara bertahap sejak seminggu terakhir. Sekali naik rata-rata Rp 20.000 per kilogram.

“Untuk besok belum tahu ada naik lagi atau tidak. Itu biasanya tergantung situasi,” kata Hani, Kamis (7/1).

Dia menduga, kenaikan harga cabai rawit merah karena pasokan dari daerah penghasil berkurang sebagai dampak musim hujan. Berbeda dengan cabai rawit merah yang makin pedas, harga cabai hijau justru mengalami penurunan. Menurut Hani, harga cabai rawit hijau yang asalnya Rp 80.000/kg turun menjadi Rp 60.000/kg.

“Memang harga cabai rawit merah dan cabai rawit hijau itu berbeda. Pernah cabai hijau yang justru lebih mahal daripada cabai rawit merah,” tuturnya.

Selain cabai hijau, Hani menuturkan, penurunan harga juga terjadi di komotitas cabai keriting merah dan hijau. Cabai keriting merah dari asalnya Rp 60.000/kg, turun menjadi Rp 45.000/kg, sementara cabai keriting hijau dari Rp 28.000/kg, turun menjadi Rp 25.000/kg.

“Cabai merah tanjung juga turun dari asalnya Rp 80.000/kg, sekarang dijual Rp 40.000/kg,” ucapnya.

Dia menambahkan, permintaan cabai rawit serta sayuran lainnya pada libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 ini menurun dan tidak seramai seperti di tahun-tahun sebelumnya.

“Untuk tahun ini sangat sepi. Mungkin karena ada larangan dari pemerintah untuk tidak beraktivitas di luar rumah untuk menghindari paparan Covid-19,” tandasnya.

(RBD/gat/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds