Pandemi Covid-19, Angka Kemiskinan di Kota Cimahi Dapat Terus Meningkat

Tampak warga tengah berjalan di kawasan padat penduduk di Cibereum, Kota Cimahi, Senin (28/12).

Tampak warga tengah berjalan di kawasan padat penduduk di Cibereum, Kota Cimahi, Senin (28/12).


POJOKJABAR.com, CIMAHI – Angka kemiskinan kota Cimahi tahun 2020 berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), mencaiapai 31.640 jiwa atau 5,11 persen dari total penduduk Kota Cimahi.

Persentase kemiskinan di Kota Cimahi itu naik dari tahun sebelumnya yaitu sekitar 4,94 persen dari total penduduk, sedikit lebih tinggi dari target yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Cimahi 2017-2022, yang saat ini masih dalam proses revisi.

Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengatakan, tidak menutup kemungkinan angka kemiskinan tersebut mengalami peningkatan lagi, seiring dengan adanya pandemi Covid-19 yang membawa dampak ekonomi.

“Pandemi Covid-19 berdampak besar terhadap pertumbuhan ekonomi, termasuk di antaranya daya beli masyarakat. Pemerintah Kota Cimahi telah melakukan efisiensi, realokasi, refocusing, dan pergeseran anggaran pada APBD 2020,” ujar Ngatiyana dalam rapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kota Cimahi, di Pemkot Cimahi, Senin (28/12).

Menurut Ngatiyana, saat ini Pemerintah Kota Cimahi terus membantu mengangkat perekonomian masyarakat yang terdampak Covid-19, baik secara langsung maupun tidak melalui program-program paket stimulus ekonomi untuk masyarakat.

Untuk itu pihaknya telah membentuk TKPK dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan di Kota Cimahi. TKPK bertugas memastikan program dan kegiatan terlaksana sesuai dengan perencanaan.

“Salah satu tugas penting dari Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kota Cimahi adalah memastikan bagaimana program penanggulangan kemiskinan Kota Cimahi dapat diselesaikan sebagai kebijakan strategis pemerintah daerah,” tuturnya.

Ngatiyana menambahkan, kemiskinan merupakan persoalan yang bersifat multidimensi dan mendesak untuk ditanggulangi. Kebijakan program penanggulangan kemiskinan pun mesti sistematis, terencana, dan bersinergi dengan dunia usaha.

“Termasuk juga dengan masyarakat, sehingga dapat efektif mengurangi jumlah penduduk miskin dan dalam meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

(bie/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds