‘Libur Panjang’, Manajemen Persib Peringatkan Pemain Tak Ikut Tarkam

Ilustrasi Sepak Bola.

Ilustrasi Sepak Bola.


POJOKJABAR.com– Pada Februari 2021 mendatang akan dilanjutkan kompetisi Liga 1 2020.

Untuk itu semua tim meliburkan pemainnya, termasuk Persib Bandung.

Selama ‘libur panjang’ ini manajemen Persib memperingatkan para pemainnya untuk tidak terjun di turnamen sepakbola antar kampung atau yang lazim disebut tarkam.

Main di tarkam sering dilakukan pemain profesional yang sedang tidak berkompetisi. Selain untuk menjaga kebugaran, keinginan membela daerah hingga tawaran honor yang menggiurkan kerap jadi alasan pemain ikut tarkam.

Dan hal itu tidak diinginkan pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts dilakukan pemainnya.

“Ada di dalam kontrak pemain, mereka tidak boleh melakukan aktivitas dengan organisasi lain. Jadi kami tidak memberi izin mereka untuk melakukan sesuatu yang tidak dibolehkan dalam kontrak,” kata Robert Rene Alberts, Kamis (5/11/2020).

Persib sendiri telah meliburkan tim selama dua bulan. Sebabnya Shopee Liga 1 2020 baru akan digulirkan kembali awal tahun 2021 mendatang.

Walau melarang pemain untuk melakukan tarkam, manajemen masih memperbolehkan pemain mengikuti kegiatan lain yang sifatnya bersifat kemanusiaan.

“Kecuali kalau untuk special event, diizinkan seperti mengikuti kegiatan amal atau yang semacamnya, jika ada manfaatnya. Tapi mereka tidak diizinkan untuk melakukan sesuatu dengan organisasi yang lainnya,” tutur arsitek tim asal Belanda itu.

Berkaca dari kejadian sebelumnya, honor dari tarkam kadang tak sebanding dengan resiko yang didapatkan para pemain.

Ambil contoh seperti Zulham Zamrun yang mendapatkan cedera serius ketika membela Persipare di semifinal Piala Habibie 2015.

Kala itu memang sepakbola Indonesia dihentikan karena PSSI dibekukan oleh FIFA, sehingga sejumlah pemain beralih ke kompetisi tidak resmi dalam agenda PSSI.

Alhasil ketika gelaran Piala Jenderal Sudirman, Persib tak bisa diperkuat Zulham karena cedera anterior cruciate ligament (ACL) memerlukan waktu penyembuhan yang relatif panjang.

“Iya, termasuk fun football juga (dilarang),” tegas mantan pelatih PSM Makassar itu.

(fat/ps/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds