Dampak La Nina, Wakil Wali Kota Minta Camat Lurah dan Masyarakat Sinergi

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana./Foto: Istimewa

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana./Foto: Istimewa


POJOKJABAR.com, BANDUNG– Curah hujan di Kota Bandung selama tiga hari terakhir cukup tinggi.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana memperingatkan masyarakat agar waspada dengan fenomena La Nina atau anomali cuaca yang saat ini terjadi di beberapa daerah di Jawa Barat termasuk Kota Bandung.

“Hujan ini dampak dari La Nina ini berpotensi timbulkan beberapa kejadian bencana alam mulai dari longsor, banjir hingga pohon besar di jalanan Kota Bandung bisa tumbang,” jelasnya, Jumat (23/10).

Yana menambahkan, bahwa soal bencana alam ini perlu menjadi perhatian bersama.

“Dampak La Nina membuat curah hujan di Bandung tinggi dan dapat berlangsung sampai Maret 2021,” ujarnya.

Yana menuturkan, dengan kondisi geografi Kota Bandung yang berbeda dengan beberapa daerah lain di Bandung Raya, aparat ke wilayahan dan masyarakat harus waspada dan melakukan mitigasi semaksimal mungkin.

“Bandung sebagai daerah cekungan harus mewaspadai beberapa hal kemungkinan bisa terjadi seperti longsor, banjir dan pohon, saat ini Pemkot bersama TNI dan elemen masyarakat berupaya mempersiapkan mitigasi bencana,” tuturnya.

Wakil Walikot mengatakan, bencana merupakan kejadian alam yang harus ditangani dengan bersama-sama.

“Jadi penanganan bencana alam ini harus sinergis. Pemerintah butuh partisipasi masyarakat, sehingga hari ini mulai untuk semakin waspada fenomena alam ini,” terangnya.

Upaya mitigasi secara bersama, harus dilakukan.

Setidaknya ketika bencana datang bisa meminimalisir risiko jatuhnya korban jiwa.

“Adapun upaya mitigasi yang saat ini perlu dijalankan masyarakat bisa dengan melakukan pembersihan gorong-gorong di wilayah masing-masing,” pungkasnya.

(arf/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds