Murid Belajar di Rumah, Maling Gasak Fasilitas Sekolah Dasar

SD Negeri Cinini Indramayu (ist)

SD Negeri Cinini Indramayu (ist)


POJOKJABAR.com, INDRAMAYU— Entah kebetulan atau tidak, SD Negeri Cinini Desa Sumbermulya, Kecamatan Haurgeulis, Kabupaten Indramayu seperti menjadi langganan para maling.

Sekolah Dasar ini secara tidak sengaja menjadi langganan pencuri. Bahkan sepertinya, pencuri alias maling menjadikan sekolah SD ini sebagai destinasi wisata maling.

Pasalnya, hampir setiap tahun sekolah tersebut selalu didera kasus kemalingan. Yang disasar tentu peralatan sekolah cukup berharga dan terbilang mahal.

Akibatnya, ketika sebelum masa pandemi covid-19 kegiatan belajar mengajar dan ekstrakurikuler kerap terkendala alat peraga.

Kasus “wisata maling” terbaru terjadi pada awal pekan ini. Dua buah alat elektronik berupa infokus atau proyektor merek terkenal raib digondol maling.

Jika dirupiahkan, harga alat tersebut mencapai belasan juta. Pihak sekolah menduga maling masuk ke salah satu ruangan tempat penyimpanan peralatan sekolah dengan cara mencongkel jendela.

“Anggota reskrim polsek sudah olah tempat kejadian perkara. Mudah-mudahan segera terungkap,” tutur Kepala SDN Cinini, Utarih, Jumat (7/8).

Utarih menjelaskan, tahun-tahun sebelumnya sekolah tempat ia pimpin juga mengalami hal serupa.

Entah pelakunya sama atau bukan, kawanan maling sepertinya hafal betul situasi dan kondisi lingkungan sekolah. Dan yang diincar pun selalu kelengkapan dan alat peraga sekolah cukup mahal.

“Ini kejadian berulang. Saya tidak mengerti, malingnya kok seperti tahu persis tempat penyimpanan barang,” kata Utarih dengan nada kesal.

Kepala Desa Sumbermulya, Taryono, menyatakan ikut kesal dan prihatin atas peristiwa “maling langganan” di wilayahnya.

Hanya saja, jelas dia, sampai saat ini belum ada satu pun kasus yang terungkap. Untuk itu Taryono minta bantuan semua pihak agar memperketat pengawasan di lingkungan masing-masing.

“Semoga ini menjadi peristiwa yang terakhir bagi SD Negeri Cinini,” tandas Taryono.

Sekadar informasi, SD Negeri Cinini terletak dipinggir jalan utama Patrol menuju Haurgeulis Kabupaten Indramayu, poros menuju Kabupaten Subang dan Bandung.

Dari pusat kota Indramayu jaraknya sekira 50 km lebih. Namun kondisi bangunan sekolahnya sangat memprihatinkan lantaran banyak kerusakan di beberapa bagian.

Selain sudah tua, setiap dilakukan perbaikan bangunan pun hanya pada bagian tertentu dan tidak menyeluruh.

 

(arf/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds