19 Desa di Bandung Barat Masuk Zona Kuning Covid-19

Ilustrasi

Ilustrasi


POJOKJABAR.com, NGAMPRAH – Pemkab Bandung Barat akan menerapkan level kewaspadaan Covid-19 hingga ke tingkat desa. Namun demikian, penerapan protokol kesehatan nantinya disesuaikan tergantung level kewaspadaan di setiap desa.

Kepala Bapelitbangda KBB, Asep Wahyu menjelaskan, pihaknya akan menetapkan terlebih dahulu level kewaspadaan masingmasing desa yang ada di Kabupaten Bandung Barat.

“Kita akan menghitung desa yang berzona hijau berapa lalu kuning berapa. Karena di KBB tidak ada desa yang berwarna merah maupun hitam,” katanya, Jumat (24/7/2020).

Ia menambahkan, penerapan level kewaspadaan tersebut nantinya akan mempengaruhi penerapan protokol kesehatan di masing-masing desa berdasarkan hasil analisa.

“Berdasarkan hasil analisa dari 165 desa terdapat 19 desa yang berada di level kewaspadaan warna kuning dan sisanya itu berada di warna hijau,” jelasnya.

Level kewaspadaan tersebut, kata Asep, tetap berdasarkan hasil analisa dengan menggunakan sembilan indikator yang ditetapkan oleh Pemprov Jabar.

“Indikatornya tetap dilihat dari laju ODP, OTG, PDP, laju positif, kesembuhan, kematian, geografis dan RT nya,” kata Asep.

Ia menegaskan, kendati beberapa desa berada pada level kewaspadaan warna hijau, masih tetap belum dapat melakukan kegiatan pembelajaran secara tatap muka.

“Tetap saja standar protokol kesehatan di setiap desa baik warna kuning maupun hijau harus dijalankan misalkan menggunakan memakai masker, physical distancing dan social distancing diterapkan,” katanya.

Sejauh ini, klaster penyebaran virus wuhan di Kabupaten Bandung Barat hanya ada satu yakni klaster GBI saja. Sementara itu, penyebaran yang terjadi di wilayahnya merupakan transfer lokal dan antar daerah.

“Mayoritas penyebaran di KBB hanya ada satu klaster saja dan itu diawal saja (klaster GBI) sekarang sudaha pada sembuh dan penyebaran yang lain itu karena masyarakat sudah dinamis,” pungkasnya.

(RBD/kro/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds