Animo Bersepeda Tinggi, Pemkot Cimahi Segera buat Jalur Khusus Sepeda

Masyarakat sedang bersepeda. Ist

Masyarakat sedang bersepeda. Ist


POJOKJABAR.com, CIMAHI – Tingginya minat bersepeda warga Kota Cimahi membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi berencana akan membuat jalur khusus bagi pengendara sepeda. Hal itu dilakukan lantaran belum tersedianya fasilitas atau jalur khusus bagi pesepeda di Kota Cimahi belum ada.

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub Kota Cimahi, Endang menjelaskan, dasar pembuatan jalur khusus itu mengacu kepada Undangundang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Aturan mengatur bahwa setiap jalan yang digunakan untuk lalu lintas umum wajib dilengkapi dengan perlengkapan jalan, termasuk fasilitas untuk sepeda dan pejalan kaki,” ungkap ujarnya.

Menurut Endang, penggunaan sepeda merupakan alternatif yang ramah lingkungan yang dapat mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, yang berdampak pada berkurangnya penggunaan emisi bahan bakar minyak (BBM), dan polusi udara.

Dia berfungsi sebagai alat transportasi yang dapat menggantikan kendaraan bermotor, dalam upaya mengurangi dampak pemanasan global.

“Untuk itu, penyediaan fasilitas jalan bagi lajur sepeda tersebut akan menjadi salah satu agenda Dishub Kota Cimahi, untuk dibahas dan dikoordinasikan lebih lanjut dengan instansi atau OPD terkait, khususnya dalam Forum Lalu Lintas Kota Cimahi,” ungkapnya.

Untuk merealisasikan hal itu, pihaknya juga perlu melakukan kajian terlebih dahulu dengan sejumlah instansi lain. Salah satunya adalah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Termasuk untuk menentukan jalurnya.

“Padatnya kondisi arus lalu lintas, dan terbatasnya fasilitas jalan di Kota Cimahi menjadi hal yang harus dipertimbangkan secara matang. Untuk itu perlu kajian terlebih dahulu. Termasuk untuk titik-titik jalurnya, menjadi agenda untuk dibahas dalam forum lalu lintas yang akan datang,” terang Endang.

Diakuinya, di tengah pandemi Covid-19 saat ini animo masyarakat untuk bersepeda memang cukup tinggi. Apalagi belum dimulainya kegiatan sekolah, maupun kuliah, serta belum sepenuhnya efektif sebagian aktivitas masyarakat, menyebabkan mereka memiliki banyak waktu luang.

“Hal ini dimanfaatkan dengan kegiatan bersepeda. Namun apabila dilihat di lapangan, perkembangan jumlah masyarakat yang bersepeda ini masih sebatas untuk kegiatan olahraga,” ujarnya.

Namun, sambung Endang, akan lebih baik apabila ke depan animo masyarakat dalam bersepeda ini juga diterapkan, dan menjadi budaya untuk menunjang mobilitas seharihari, seperti bekerja, sekolah, kuliah, dan lain-lain.

“Sehingga selain sehat dan ramah lingkungan, juga akan lebih efektif untuk mengurangi jumlah kendaraan bermotor di jalan, dan mengurangi kemacetan di Kota Cimahi,” tutur Endang.

(RBD/bie/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds