Driver Ojol Tarik Penumpang Lagi, Pemkot Bandung Minta Tes Swab Driver oleh Aplikator

Ilustrasi pengemudi ojol. (Dok. Radar Depok)

Ilustrasi pengemudi ojol. (Dok. Radar Depok)


POJOKJABAR.com, BANDUNG– Masa Adaptasi Kebiasaan Baru  (AKB) telah dimulai di Kota Bandung.

Untuk itu, Pemkot Bandung akan mempersiapkan, aturan ojol bisa menarik penumpang kembali.

Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna mengarakan bahwa terkait sudah adanya izin kepada aplikator ojek online untuk menarik penumpang kembali pada fase Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

“Boleh saja, saya meminta agar pihak aplikator malakukan tes swab atau PCR kepada para mitra Ojol,” papar Ema, Jumat (3/7) di balaikota Bandung.

Ema menambahkan, bahwa saran ini kami sarankan bahwa driver atau mitra mereka harus ada surat keterangan bebas Covid-19.

“Ini harus dikeluarkan oleh institusi berwenang, dalam hal ini lembaga kesehatan,” terang Ema yang juga menjabat ketua Harian Gugus Tugas COVID-19.

Ditambahkan Ema, bahwa pihak aplikator dari Grab dan Gojek pun menyanggupi syarat tersebut.

“Jadi sebelum mereka mengoperasikan kembali Ojol untuk angkut penumpang. Meski pihak dari Grab dan Gojek meminta proses waktu terkait tes swab ini,” paparnya.

Sementara untuk syarat lainnya, kata Ema, relatif sudah baik dan memenuhi protokol kesehatan.

“Saya kira kalau dari sisi protokol kesehatan sudah sangat memadailah, baik itu mengenai masalah gofood dan barang lain. Sekarang sudah masuk kepada penarikan penumpang, hanya tinggal satu saja (Swab test),  mudah-mudahan dalam waktu dekat ini hisa dipenuhi,” katanya.

Dijelaskannya, dengan adanya bukti driver atau mitra negatif Covid-19 berdasarkan hasil swab atau PCR, penumpang akan merasa aman ketika menggunakan layanan Gojek atau Grab.

“Supaya apa, kalau kita pesan melalui aplikasi dan terverifikasi bahwa driver ini orang yang sudah bebas kan bagi customer ini menenangkan, saya pikir itu akan jauh lebih baik,” paparnya.

Ema juga mengatakan, dalam waktu dekat  Gojek dan Grab akan diberikan izin beroperasi mengangkut penumpang, dengan syarat harus sudah melakukan swab test atau PCR.

“Saya pikir ini waktunya sudah sangat dekat, komitmennya sudah sangat kuat dan  saya akan sampaikan kepada Pak Wali Kota, saya pikir sudah cukup layak,” imbuhnya.

Loading...

loading...

Feeds