Pemkot Cimahi Terima Bantuan dari Gubernur Jabar bagi 824 KTRS

Pemkot Cimahi terima bantuan dari gubernur menjelang PSBB./Foto: Istimewa

Pemkot Cimahi terima bantuan dari gubernur menjelang PSBB./Foto: Istimewa


POJOKJABAR.com, CIMAHI– Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melapas petugas Pos dan Ojek line untuk menyalurkan bansos dari Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar kepada Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS) di Kantor Pos Kota Cimahi, Minggu (19/4/20) kemarin.

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meminta kepada Wali idKota Cimahi, untuk memperbaiki data penerima bantuan sosial (bansos). Meski data terus diperbarui, bantuan yang sudah siap segera disalurkan supaya dampak sosial dan ekonomi akibat pandemi COVID-19 bisa tertangani.

Bantuan sosial (bansos) senilai Lima Ratus ribu Rupiah dari Pemda Provinsi Jabar merupakan salah satu dari sembilan pintu bantuan kepada warga terdampak pandemi COVID-19. Sembilan pintu itu adalah Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Kartu Pra Kerja, Dana Desa (bagi kabupaten), bantuan sosial (bansos) dari presiden untuk Jabodetabek, bansos provinsi, serta bansos dari kabupaten/kota.

Kemudian, Kementerian Sosial RI memberikan bantuan sosial tunai kepada masyarakat terdampak pandemi COVID-19 Rp 600,000 per bulan per kepala keluarga mulai minggu ketiga bulan April hingga Juni 2020

. Selain itu, Pemda Provinsi Jabar menggagas Gerakan Nasi Bungkus atau Gasibu yang bertujuan untuk memastikan semua masyarakat Jabar dapat memenuhi kebutuhan pokok sehari-harinya.

Ridwan Kamili meminta Wali Kota Cimahi data yang harus disempunakan, agar dapat diketahui berapa yang mendapat bantuan dari Provinsi Jabar dan Kemenkes, tetapi sambil data disempurnakan Pemrov Jabar tetap mengirimkan bantuannya.

Pemda Provinsi Jabar mulai menyalurkan bansos di Kota Cimahi untuk 824 Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS), Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Barat menekankan bahwa COVID-19 merupakan masalah bersama, beliau mengatakan har ini dilakukan pengecekan persiapan, karena prinsipnya adalah lebih cepat lebih baik.

Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna, menyampaikan secara pribadi dan Pemkot Cimahi, ia menyampaikan terima kasih atas bansos yang diberikan dari Pemda Provinsi Jabar.

“Kota Cimahi akan mulai menerapkan PSBB pada 22 April 2020 mendatang, Wali Kota Cimahi berharap pademi Covid 19 ini cepat berakhir,” paparnya, Senin (20/4).

Wali Kota menambahkan, dampak yang terkena virus ini ini bukan hanya dari sisi kesehatan saja, tapi wabah ini memberikan dampak terhadap semua sendi kehidupan terutama ekonomi.

“Bantuan dari Pemprov ini akan kami salurkan sesuai data yang sudah kami verifikasi. Jika memang ada yang belum terdata, warga bisa datang ke kelurahan atau melalui RT dan R setempat,” terang Walikota.

Selain itu, pemkot Cimahi juga menerima 1, 2.000 paket bantuan berupa makanan kaleng.

“Untuk makanan kaleng akan mulai didistribusikan kepada masyarakat Cimahi oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar di wilayah Cimahi saat PSBB,” pungkas Wali Kota.

(arf/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds