Kurangi Sampah Plastik, Pemkot Cimahi Wajibkan ASN Bawa Tumbler

Pemkot Cimahi ajak ASN gunakan rumbler./Foto: Istimewa

Pemkot Cimahi ajak ASN gunakan rumbler./Foto: Istimewa


POJOKJABAR.com, CIMAHI– Demi mengurangi penggunaan sampah plastik, agar lingkungan tetap terjaga dengan baik.

Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi mewajibkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) membawa botol minum (tumbler) sendiri ke lingkungan kompleks Pemkot Cimahi.

Hal itu diharapkan dapat membangun budaya kinerja minim sampah sebagai bagian dari pengelolaan sampah melalui keterlibatan pemerintah dan masyarakat.

Kewajiban membawa tumbler tercantum dalam surat edaran Wali Kota Cimahi No. 5 Tahun 2020 tentang Penggunaan Kemasan Air Minum Isi Ulang (Tumbler) pada Pemerintahan Daerah Kota Cimahi.

Pada Senin (9/3/2020) turut dilakukan pencanangan gerakan membawa tumblr dengan aksi senam tumbler diikuti seluruh jajaran Pemkot Cimahi pada apel pagi di kompleks Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah Kota Cimahi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi M. Ronny mengatakan, aksi bawa tumbler bagian dari implementasi upaya pengurangan sampah di Kota Cimahi.

“Salah satunya gerakan membawa tumblr. Kami, para ASN, harus ikut beri contoh ke masyarakat bahwa aksi pengurangan sampah harus dimulai dengan hal kecil,” ujarnya.

Tumblr bakal menggantikan air minum dalam kemasan (AMDK) yang selama ini banyak dikonsumsi jajaran ASN. Aksi tersebut harus berkesinambungan pada berbagai kegiatan pemerintahan. Gerakan membawa tumblr sudah diterapkan di sejumlah sekolah di Kota Cimahi.

“Terbukti, gerakan tersebut menekan produksi sampah di lingkungan sekolah. Dengan penerapan di Pemkot Cimahi, kami harapkan sampah berkurang. Meski sedikit tapi trennya menunjukkan perbaikan,” imbuhnya.

Sedangkan Wakil Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengatakan penggunaan tumbler di lingkungan Pemkot Cimahi menjadi bagian dari program Kota Cimahi Menuju Zero Waste.

“Membangkitkan kesadaran PNS untuk mencintai lingkungan, salah satunya mengurangi sampah AMDK dengan botol tumbler,” katanya.

(adv/arf/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds