Soal Alih Kewenangan Panti Widyatama, DPRD Minta Hormati Keputusan


POJOKJABAR.com, BANDUNG– Komisi V DPRD Jabar menyoroti permalasahan penghuni Panti Tunanetra Wiyataguna diambil alih oleh pemerintah pusat.

Anggota Komisi V DPRD Jabar, Siti Muntamah menjelskan bahwa panti ini memang kewenangannya diambil alih pemerintah pusat.

“Sekarang memang Wiyataguna menjadi BLK itu langsung Kemensos, karena itu bagian dari kebijakan. Hal ini karena selain dari Jabar, banyak juga teman teman tunanetra di seluruh Indonesia datang ke sini, sehingga pusat melihat hal ini harus jadi kewenangan pusat,” papar Siti saat melihat langsung aksi protes penghuni panti yang enggan dipindahkan, di jalan Cicendo, Rabu (15/1).

 

Sebagai mitra Pemprov Jabar, dirinya sudah berkordinasi agar Pemprov menyiapkan tempat di Balai Dinsos Jabar di Cibabat.

“Kami sudah siapkan, ada 35 kamar yang disiapkan bahkan dengan anggarannya. Mungkin saat ini mereka masih kaget. Intinya kami akan all out untuk teman-teman Panti Widyatama, kami akan berikan yang terbaik,” jelasnya.

Dirinya meminta semua pihak manapun, untuk menghormati keputusan pemerintah pusat ini.

“Saya sebagai perwakilan DPRD Jabar komisi v, sangat berharap agar soal wiyataguna ini kita sikapi bersama. Teman-teman kita dipanti kita siapkan tempat baru dan kita siapkan pula untuk kesehariannya,” jelasnya.

Diakui Siti, penyandang tunanetra yang menggelar aksi protes ini berstatus pelajar dan mahasiswa.

“Mereka mahasiswa pelajar yang memprotes soal alih kewenangan mengenai Panti Wiyataguna,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan di Pojokjabar.com, puluhan penyandang disabilitas di Panti Wiyataguna Bandung melakukan protes di depan kantor Panti Wiyataguna, yang kini berubah status menjadi Balai Latihan Kerja (BLK) bagi penyandang disabilitas yang berada di bawah kewenangan Kemensos.

Salah satu perwakilan penghuni panti, Dian mengatakan bahwa aksi ini berlanjut sejak kemarin, untuk menyatakan sikap.

“Kami melihat aspek yang diperhitungkan secara psikologis, kami perlu waktu berembuk karena terlalu banyak input dari berbagai pihak,” papar Dian, Rabu (15/1) di jalan raya Cicendo kota Bandung.

(arf/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds

Catherine-Wilson

Catherine Wilson Disidang di Depok

Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Depok telah menerima Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyelidikan (SPDP) kasus narkotika yang menjerat artis sekaligus model