Harga Bahan Pokok di Kota Cimahi Normal


POJOKJABAR.com, CIMAHI – Kebiasaan meningkatnya harga kebutuhan masyarakat jadi sorotan. Apalagi menjelang akhir tahun atau memasuki liburan dan hari raya. Tak bisa dipungkiri, peningkatan harga hampir terjadi di tiap pasar tradisional termasuk Kota Cimahi.

Untuk memastikannya, Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkot Cimahi, serta tim satgas pangan Polres Cimahi melaksanakan inspeksi mendadak ke beberapa pasar tradisional Cimahi.

Alhasil, dalam sidak tersebut didapati sejumlah bahan pokok yang mengalami kenaikan harga, seperti daging ayam, telur, dan sayuran dengan persentase kenaikan antara lima sampai tujuh persen.

“Ada peningkatan harga seperti ayam dan telur. Sayuran juga naik, rata-rata kenaikannya lima persen. Kalau sayur naik karena musim hujan,” ujar Ajay.

Ajay mengatakan tidak ada potensi kenaikan drastis pada komoditi barang di pasar tradisional hingga tahun baru lantaran berbeda dengan hari raya lainnya.

“Kalau Natal dan Tahun Baru cenderung normal, kalaupun ada kenaikan enggak sedrastis saat Idul Fitri atau Idul Adha. Kita komunikasi dengan pedagang, engga akan ada kenaikan lebih tinggi,” katanya.

Hingga saat ini tidak ada keluhan soal gangguan pada pasokan sayuran, daging, maupun kebutuhan lainnya.

“Suplai juga akan aman sampai setelah tahun baru. Tidak ada temuan penimbunan komoditi juga,” jelasnya.

Pihaknya pun mengaku akan terus mengawasi harga pokok di sejumlah pasar lainanya hingga tahun baru, Ajay berharap bahwa tidak kenaikan bahan pokok yang signifikan hingga tahun depan.

(RBD/bie/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds