PT. Sartonia Agung Masuk Daftar Hitam, DPKP3 Kota Bandung Beri Penjelasan

Suasanan di Kelurahan Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung pasca-pembongkaran./Foto: PJ

Suasanan di Kelurahan Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung pasca-pembongkaran./Foto: PJ


POJOKJABAR.com, BANDUNG– PT. Sartonia Agung masuk dalam daftar hitam yang dikeluarkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Padahal perusahaan ini merupakan pemenang tender proyek pembangunan rumah deret (Rudet) Tamansari.

Perusahaan tersebut gagal menyelesaikan proyek pembangunan PA/KPA Pusat Pendidikan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Atas kesalahannya itu, PT Sartonia Agung dinilai melanggar Peraturan LKPP No.17 tahun 2018 pasal 3 huruf g. Sehingga LKPP memasukkan perusahaan yang bergerak di bidang kontruksi itu ke dalam daftar hitam terhitung sejak 31 Juli 2018 sampai 31 Juli 2020.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung, Dadang Darmawan, membenarkan PT. Sartonia masuk dalam daftar hitam.

Namun, Dadang mengatakan, PT Sartonia masuk daftar hitam bukan karena Rudet, tetapi karena pekerjaan lain. Sehingga PT Sartonia masih bisa menyelesaikan proyek rumah deret.

“Artinya pada saat dia ditetapkan menang tender, itu tidak ada masalah. Nah sekarang saja karena belum sampai 2020,” kata Dadang di Pendopo, Minggu (15/12).

“Saya kembalikan ke aturan yang mengatur soal sanksi terhadap penyedia barang yang terkena daftar hitam,” jelasnya.

Sesuai dengan Peraturan LKPP No 17 Tahun 2018 tentang sanksi daftar hitam, Pasal 6 Ayat 2 menyebutkan, penyedia yang masuk daftar hitam dapat menyelesaikan pekerjaan lain, dengan catatan jika kontrak pekerjaan tersebut ditandatangani sebelum terkena sanksi.

Pada akhirnya, lanjut dia, PT Sartonia Agung masih dapat menyelesaikan pekerjaan proyek pembangunan rumah deret. Pasalnya tanda tangan kontrak dilakukan pada Agustus 2017. Sementara sanksi jatuh pada Juli 2018.

(rmol/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds