Revitalisasi Stadion Sangkuriang Kota Cimahi Terancam Gagal

Stadion Sangkuriang Cimahi, hingga kini belum diperbaiki.

Stadion Sangkuriang Cimahi, hingga kini belum diperbaiki.


POJOKJABAR.com, CIMAHI – Revitalisasi stadion Sangkuriang terancam gagal dilaksanakan tahun depan.

Rencana anggaran revitalisasi stadion bersejarah itu mencapai Rp300 miliar Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi, Budi Raharja mengungkapkan, pihaknya hingga kini masih mencari sumber dana untuk revitalisasi yang mencapai Rp300 miliar tersebut

“Untuk revitalisasi Stadion Sangkuriang belum mendapat bantuan. Kita sudah mengupayakan mengajukan ke Pemerintah Provinsi, nnti akan dicoba lagi ajukan di 2021,” ujar. Budi di Pemkot Cimahi, Rabu (11/12).

Budi Menjelaskan, apabila revitalisasi stadion tersebut menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi, tentu tidak akan mencukupi. Hal itu karena masih ada sejumlah program lainnya yang lebih prioritas.

Dengan demikian, maka harapan Pemkot Cimahi hanyalah bantuan dari Pemprov Jabar maupun Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI.

“Kebutuhan kita mengacu sesuai DED yaitu sekitar Rp 300 miliar. Mudah-mudahan ada sumber pembiayaan sehingga revitalisasi Sangkuriang bisa terwujud,” ungkapnya.

Hal senada diutarakan oleh Sekretaris Daerah Kota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan. Ia mengatakan, dari informasi yang resmi diterima, alokasi bantuan dari Pemprov Jabar untuk revitalisasi stadion bersejarah itu tidak tercantum tahun depan.

“Untuk tahun 2020 Stadion Sangkuriang tidak ada. Kita sudah usahakan itu tapi saat disampaikan ke pemprov dari sisi ketersediaan program belum tersedia. Kami akan perjuangkan lagi mudah-mudahan di tahun 2021 bisa diakomodir,” ungkap Dikdik.

Menurutnya pada tahun 2020 mendatang Pemkot Cimahi hanya mendapat jatah bantuan dari Pemprov Jabar sebesar Rp 177 miliar. Nominal itu sangat jauh dari angka yang diajukan Pemkot Cimahi, yang mencapai Rp 1,2 triliun.

“Secara resmi belum menerima tembusan rincian bantuan dari Pemprov Jabar. Untuk tahun 2020 terima Rp177 miliar,” ujarnya.

Meski belum menerima secara resmi, Dikdik menyatakan bantuan yang diterima itu akan difokuskan untuk pembangunan underpass Jalan Sriwijaya, pembangunan sekolah SMPN 12-13, serta RSUD Cibabat.

“Kita berharap di 2020 bisa selesai underpass secara keseluruhan,” ucapnya.

(RBD/bie/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds