Hari HAM ke-71 Diperingati di Gedung Merdeka Bandung, Ini Pesan yang Disampaikan

Hari HAM ke 71 diperingati di Bandung (ist)

Hari HAM ke 71 diperingati di Bandung (ist)


POJOKJABAR.com, BANDUNG–Peringatan Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia Ke-71 diperingati di Gedung Merdeka, Jalan Asia Africa, Bandung, Selasa (10/12). Beberapa pesan ikut disampaikan.

Turut hadir Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menkopulham Mahfud MD, dan Menkumham Yasona Laoly.

Dengan mengusung tema “Bumi Tanpa Diskriminasi, Pelayanan Publik yang Berkeadilan”.

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly mengatakan, setiap daerah di Indonesia perlu melakukan penerapan pelayanan publik mengenai hak asasi manusia.

“Terlebih, fokus perlindungan pada perempuan, penyandang disabilitas, dan anak-anak,” tegasnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM, Mahfud MD menyebut, setiap orang berhak meneguhkan komitmen untuk membebaskan berbagai pelanggaran HAM.

Maka dari itu, diperlukan landasan berupa moral, nilai, dan agama.

Mahfud pun menyinggung penyelesaian kasus HAM di Indonesia yang terbilang lambat. Di mana proses demokrasi sulit bertemu dengan penentuan keputusan. Terutama kekuasaan kini sudah terbagi, tidak seperti orde baru.

“Sekarang semua ikut menentukan, sehingga demokrasi dan penentuan keputusan tidak pernah bertemu,” katanya.

Tentu saja, konsekuensi dari peningkatan kualitas demokrasi sudah terjadi sejak era reformasi. Meski demikian, mekanisme penyelesaian HAM saat ini sudah terlembaga.

“Kini, kita sudah ada UU HAM, Komnas HAM pun menjadi lembaga. Kita sudah lakukan itu, masalah yang terkait pelanggaran HAM,” ungkapnya.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, upaya terstruktur dalam memberantas pelanggaran HAM menjadi hal penting untuk memenuhi tanggung jawab negara dalam menjalankan amanah konstitusi.

“Termasuk di Jawa Barat, sudah ada beberapa pelayanan publik yang berkaitan dengan hak asasi manusia untuk menindaklanjuti berbagai kasus pelanggaran HAM,” tuturnya.

 

(ral/rmol/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds

Semprot Disinefektan

Pasar Family Mart Disemprot Disinfektan

Pojokbekasi.com – Penyemprotan disinfektan terlaksana di sejumlah kios-kios pedagang pasar Family Mart, Harapan Indah, Pejuang, Medansatria. Penyemprotan dilakukan saat aktivitas …
Kebakaran di Bogor

Gudang Rongsokan di Cibinong Luder Terbakar

POJOKBOGOR.com– Gudang rongsokan di Kampung Muara Beres RT05/03, Kelurahan Sukahati, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, ludes terbakar, Minggu (9/8). Belum diketahui …
Getaran Cinta

GMKB Gelar Getar Cinta di Ciheuleut Bogor

POJOKBOGOR.com– Gerakan Masyarakat Kota Bogor (GMKB) kembali menyelenggarakan bhakti sosial. Kali ini, kegiatan itu bertajuk Getaran Cinta (Gerakan Tebar Sayuran …