Berikut Kelanjutan TPA Sarimukti Antara Pemprov Jabar dengan Perhutani

Adm KPH Bandung Utara Komarudin (ist)

Adm KPH Bandung Utara Komarudin (ist)


POJOKJABAR.com, BANDUNG — Pemprov Jabar melalui DPRD Jabar menyatakan bahwa TPA Sarimukti di Kabupaten Bandung Barat, telah diperpanjang perjanjian kerjasamanya.

Pihak Perhutani melalui Adminstratur KPH Bandung utara, Komarudin mengatakan bahwa memang sudah ada surat dari Menteri Kehutanan untuk penanganan sampah terpadu di Rajamandala, Kabupaten Bandung Barat.

“Memang ada kesepakatan bersama antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Perhutani kemudian juga ada perjanjian kerjasama antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Perum Perhutani Jawa Barat dan Banten,” jelasnya.

Kesepakatan itu berisi kerjasama pengolahan sampah menjadi kompos di PPK Sarimukti yang berlaku dari mulai tanggal 25 Januari 2008 sampai dengan 24 Januari 2018.

“Namun sudah berakhir, ” jelasnya, Jumat (22/11).

TPS regional sementara Sarimukti ini, memang semua sepakat untuk mengolah sarimukti kemudian luas kawasan hutan yang digunakan itu ada di petak 12.

“Kebutuhan luasnya hampir mirip dengan kerja sama yaitu 21,2 hektar fungsi utama hutan produksi di situ ya kemudian jenis tanamannya itu jenis Jati produktif tahun tanam tahun 2000 di Rajamandala BKPH Padalarang,” paparnya.

Dari kerjasama itu mereka mendapatkan pemeliharaan tanaman dan penanganan sosial keamanan, kemudian juga ada biaya pengganti hilangnya nilai keuntungan.

“Clash of opportunity cost ya dari pengusahaan hutan itu itu sudah dibayarkan pada 2 Juli 2010 yang belum itu pertama mungkin biaya reklamasi dan rehabilitasi karena memang itu kewajibannya pada saat berakhirnya perjanjian ataupun kegiatan terus juga ada besaran waktu itu nilai rupiah,” paparnya.

Sebagai daya pengganti hilangnya nilai keuntungan luas opportunity cost pengusahaan hutan pada TPK sarimukti, nilainya waktu itu 6852 ton kemudian ada biaya reklamasi rehabilitasi dan jasa perusahaan hutan lainnya.

Untuk perpanjangan, prosedurnya coba di pihak Perhutani Jawa Barat Banten.

“Status quo kembali selama proses dokumen belum turun dari Kementerian ini pengelolanya siapa, kalau setahu saya di sini memang kalau bentuk surat-surat memang ada permohonan-permohonan,” paparnya.

Jadi bukan artinya status quo tapi dalam proses.

“Dan saya tegaskan izin dari Kementerian Lingkungan Hidup untuk perpanjangam TPA Sarimukti belum turun,” paparnya.

 

(arf/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds

10 Manfaat Menakjubkan Lemon Myrtle

Nama lemon myrtle mungkin agak terdengar asing di telinga kebanyakan orang. Padahal, kita semua pastinya telah sering menggunakan lemon dalam makanan.