Begini Kesiapan Polisi Hadapi Pilkades Serentak

ILUSTRASI.

ILUSTRASI.


POJOKJABAR.com, BANDUNG– Pihak kepolisian sudah menyiapkan skenario pengamanan melalui pola skala aman.

Hal ini guna menghadapi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 24 November 2019 mendatang.

Kapolsek Parongpong, Kompol Ikhwan Heriyanto mengatakan, pola skala aman yang bisa diterapkan saat pelaksanaan Pilkades nanti yakni 2-5-10, 2-6-10, atau 2-4-8 dengan melibatkan petugas kepolisian dan petugas Linmas.

“Jadi pola 2-5-10 misalnya, itu terdiri dari 2 polisi di 5 TPS dengan 10 Linmas. Atau bisa menerapkan pola lainnya. Pola skala aman itu berdasarkan gelar pasukan di Polres Cimahi, nanti akan disampaikan ke semua anggota Polsek,” ujar Ikhwan saat dihubungi, Jumat (22/11).

Diterangkan Ikhwan, personel kepolisian yang ditugaskan, diwajibkan mengetahui identitas dari petugas KPPS sesuai wilayah tugasnya, mulai dari latar belakang sosok, identitas, hingga nomor kontaknya.

“Anggota juga harus kenal tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh daerah sekitaran area TPS. Itu untuk mem-backup bilamana ada potensi gejolak antar pendukung. Peran mereka sangat vital untuk meredakan gejolak,” terangnya.

Selain itu, lanjut dia, personel pengamanan wajib mengetahui lokasi-lokasi TPS, mampu memperkirakan jarak dari desa ke TPS, sebab, surat suara itu nantinya akan bermuara ke desa.

Pasalnya, dalam proses pengamanan, Bhabinkamtibmas tidak dilibatkan melakukan pengamanan TPS di setiap desa, namun berperan sebagai koordinator di setiap desa, disertai dengan 1 perwira.

“Di luar pengaman TPS, ada Bhabinkamtibmas dan 1 perwira pengendali. Nanti juga akan ada backup 2 pleton dari Brimob Polda Jabar untuk ditempatkan di Kecamatan Parongpong dan Kecamatan Cisarua. Personel polisi hanya dibekali tongkat saja, tidak bawa senjata api,” bebernya.

Di wilayah hukum Polsek Cisarua, terdapat 109 TPS. 29 TPS di Kecamatan Cisarua dan 80 TPS di Kecamatan Parongpong dengan total Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 96.510 pemilih.

Rinciannya, papar dia, 35.823 pemilih di Kecamatan Cisarua serta 60.687 pemilih di Kecamatan Parongpong.

“Massa pendukung yang terpilih kami imbau tidak melakukan konvoi setelah pelaksanaan Pilkades karena bisa menimbulkan gesekan antar kelompok,” pungkasnya.

(gan/rmol/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds

10 Manfaat Menakjubkan Lemon Myrtle

Nama lemon myrtle mungkin agak terdengar asing di telinga kebanyakan orang. Padahal, kita semua pastinya telah sering menggunakan lemon dalam makanan.