Pilkada Serentak 2020 di Jabar Resmi Dimulai

Ilustrasi

Ilustrasi


POJOKJABAR.com, BANDUNG- Launching tahapan pengawasan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat menandakan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020 di Jawa Barat resmi dimulai.

Ada delapan daerah yang akan menggelar hajatan demokrasi lima tahunan ini, yaitu Kabupaten Bandung, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota Depok.

Ketua Bawaslu Jabar, Abdullah Dahlan mengatakan, dalam rangka mengawal Pilkada Serentak 2020 ini, pihaknya membuat satu saluran aspirasi dengan mengajak masyarakat untuk ikut mengawasi kontestasi politik ini.

“Kita buat yang namanya ‘SALAM’, yaitu Saluran Aspirasi Masyarakat. Hal ini adalah inisiatif yang dibuat oleh Bawaslu Provinsi Jawa Barat,” ucap Abdullah, di Bandung, Rabu (20/11).

Abdullah berharap, dengan adanya saluran aspirasi ini, partisipasi masyarakat dalam segi pengawasan bisa lebih meningkat dibandingkan dengan Pemilu Serentak tahun 2019 yang baru saja selesai.

“Harapan kita level partisipasi dalam pelaksanaan Pilkada 2020 selain partisipasi dalam menggunakan hak politik, juga penting partisipasi dalam mengawasi tahapan dan prosedur,” tegasnya.

Pelibatan seluruh stakeholder dalam segi pengawasan di Pilkada ini, dikarenakan tingkat pelanggaran yang cukup tinggi.

Banyak persoalan-persoalan yang akan muncul, seperti politik transaksional, politik uang, ketidaknetralan ASN dan pelanggaran-pelanggaran lainnya.

“Hal inilah yang akan mencederai integritas proses pelaksanaan pemilihan kepala daerah, dan secara langsung mencederai kualitas pelaksanaan Pemilu,” tandasnya.

(yud/rmol/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds

10 Manfaat Menakjubkan Lemon Myrtle

Nama lemon myrtle mungkin agak terdengar asing di telinga kebanyakan orang. Padahal, kita semua pastinya telah sering menggunakan lemon dalam makanan.