Praktik Parkir Liar di Kota Cimahi Menggeliat

Ilustrasi Pakir Liar

Ilustrasi Pakir Liar


POJOKJABAR.com, CIMAHI – Praktik parkir liar di sejumlah ruas jalan utama di Kota Cimahi menggeliat. Padahal pemerintah telah memasang rambu lalu lintas berupa larangan parkir serta garis berbiku.

Tak hanya itu, penegakan Hukum (Gakum) pun telah dilakukan. Alhasil, sejumlah upaya tersebut nyatanya tak menimbulkan efek jera.

Beberapa ruas jalan yang kerap dijadikan tempat parkir liar di antaranya adalah Jalan Dustira, Jalan Gandawijaya, Jalan Stasion dan Jalan Amir Mahmud. Padahal, di ruas jalan tersebut sudah terpasang sejumlah rambu dilarang parkir.

Selaku pihak terkait, Dinas Perhubungan (Dishub), Kota Cimahi mengaku kesulitan menertibkan parkir liar di wilayahnya. Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Cimahi, Endang mengatakan, dalam upaya menekan kemacetan yang diakibatkan oleh kendaraan yang terparkir sembarangan, sejauh ini Dishub dibantu pihak Satuan Lalu lintas Polres Cimahi serta unsur TNI.

Namun penindakan seperti Gakum belum bisa maksimal, lantaran hingga saat ini masih saja terlihat di beberapa titik di Cimahi.

“Masih banyak pelanggaran berkaitan dengan kepatuhan. Upaya kita sudah melakukan Gakum dan sebagainya,” kata Endang.

Menurut dia, kurangnya kesadaran pengendara juga menjadi penyebab mereka kerap parkir di area terlarang. Padalah, rambu seperti dilarang parkir atau garis berbiku sudah dipasang pihaknya sebagai tanda ruas jalan tersebut bukan area parkir.

“Walau rambu sudah jelas, saya pikir pengendara sudah tau tapi ya kembali lagi ke kesadaran. Kita juga mengaku kapasitas ruang pakrir kurang memadai dengan jumlah kendaraan,” ungkap Endang.

Ke depan, pihaknya akan menginetisfkan lagi penindakan bersama dengan pihak kepolisian untuk menambah efek jera. Sebab, parkir sembarangan itu kerap menimbulkan kemacetan. Khususnya pada saat jam sibuk.

Selain itu, dalam setiap pembangunan pusat perkantoran atau jasa lainnya, pihaknya juga selalu menegaskan agar menyiapkan lahan parkir.

“Karena kalau mengandalkan parkir on streat dengan kapasitas jalan terbatas, tidak akan memadai. Sebab parkir pinggir jalan pun ikut menyumbang juga ketidaklancaran lalu lintas,” tandasnya.

(RBD/gat/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds