UNICEF Beri Perhatian Lebih pada PAUD di Kabupaten Bogor

Anak-Anak PAUD (ilustrasi)

Anak-Anak PAUD (ilustrasi)


POJOKBOGOR.com– UNICEF bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), menetapkan Kabupaten Bogor sebagai daerah intervensi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Education Specialist UNICEF, Nugroho Indera Warna mengatakan, Angka Partisipasi Kasar (APK) PAUD di Kabupaten Bogor masih di bawah rata-rata nasional.

“Sampai saat inu APK masih 48 persen. Sementara APK nasional 72 persen dari jumlah anak usia 3-5 tahun. Selain itu, Bogor ini dekat dengan Jakarta,” kata Nugroho.

Hingga Juni 2019, jumlah anak usia 3-5 tahun di Kabupaten Bogor berkisar pada angka 570 ribu. Dengan kata lain, baru sekitar 273 ribu anak di Bumi Tegar Beriman mengenyam PAUD.

“Karena usia dini adalah usia emas, usia kritis akan berdampak pada perkembangan anak sampai dewasa nanti. Karena berkembang saat usia 0-3 tahun,” ujar Nugroho.

Menurutnya, jika dalam masa perkembangan ini tidak diintervensi akan tertinggal dari segi kognitif, keterampilan fisik, bahasa, literasi dan numerisasi.

“Harapannya lewat PAUD ini semua domain perkembangan tersebut bisa terstimulasi dengan baik,” katanya.

Dia menjelaskan, sejak 2017 UNICEF melakukan intervensi di Kabupaten Bogor. Nugroho berharap, hingga Januari 2020 nanti, sekitar 75 ribu anak 3-5 tahun bisa tercover program ini.

“Kita ikuti terus anak-anak ini. Kemudian dievaluasi dan kita bandingkan antara anak yang mendapat intervensi, dengan yang tidak mendapat intervensi,” katanya.

UNICEF sendiri melakukan intervensi pada 100 PAUD di 20 kecamatan se-Kabupaten Bogor. “Sampai sekaramg kita masih masa perhitungan. Terakhir sih sudah 80 persen anak sudah tercover,” katanya.

Bupati Bogor, Ade Yasin berharap UNICEF mampu membangkitkan gairah PAUD di Kabupaten Bogor.

“In Shaa Allah ini terus berkelanjutan.┬áKami bertemu dengan perwakilan unicef terkait dengan pengembangan paud, dan monitoring pelaksanaan di Kabupaten Bogor,” katanya.

“Alhamdulillah ada beberapa rekomendasi untuk bupati, dari semenjak 2017 sampai 2019 mereka sudah melakukan kegiatan-kegiatan yang tentunya audah bermanfaat dan membngkitkan gairah┬áPAID di Kabupaten Bogor,” lanjutnya.

“In Syaa Allah ini terus berkelanjutan, saya ucapkan terima kasih kepada Unicef yang telah peduli kepada Kabupaten Bogor,” katanya.

“Peran UNICEF kan membantu peran guru, kunjungan ke rumah-rumah mengajak orang tua agar memasukkan anaknya ke PAUD. Kemudian beberapa program yang membantu dan menumbuhkembangkan PAUD di Kabupaten Bogor,” katanya.

(cek/pojokbogor)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds