BPBD Kabupaten Bandung Minta Warga Antisipasi Datangnya Musim Penghujan

ilustrasi

ilustrasi


POJOKJABAR.com, BANDUNG – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Akhmad Djohara, meminta agar semua pihak tidak terlena dengam bencana kekeringan saat ini.

Dirinya mengingatkan, bahwa Kabupaten Bandung selalu menjadi daerah bencana saat Musim hujan tiba. Untuk itu, harus diwaspadai juga bencana yang akan terjadi pada musim hujan yang sebentar lagi akan turun.

“Nampaknya kita jangan terlena dengan kekeringan tapi kita juga harus waspada kemungkinan terjadinya bencana pada musim hujan, seperti longsor, atau banjir bandang dan masalah banjir yang biasa terjadi tiap musim hujan,” ujar Ahmad Djohara, sabtu (5/10).

Menurut Ahmad Djohara, dalam musim hujan yang harus diwaspadai banjir bandang dan longsor.

“Di wilayah Kabupaten Bandung, katanya, ada beberapà wilayah yang berpotensi banjir bandang dan longsor. Seperti Kecamatan Majalaya dan Ibun. Daerah ini berpotensi banjir bandang karena sungai Citarum membelah kedua wilayah ini,” terangnya.

Untuk Banjir, potensi banjir bandang cukup tinggi karena luapan air dengan Sungai Citarum yang membelah dengan dataran tinggi.

“Banjir bandang ini sulit ditebak kapan pun bisa terjadi,” papar Ahmad Djohara.

Banjir bandang juga bisa disebabkan akibat pembangunan perumahan yang saat ini luar biasa dengan benteng yang tinggi, sehingga pada saat hujan air sungai akan meluap dan tersumbat bentengan perumahan,” ujarnya.

Potensi banjir bisa tinggi dan luapan air sangat berbahaya.

“Kami BPBD sudah koordinasi dengan pihak terkait termasuk upaya antisipasi. Seperti memperbaiki drainase agar air tidak masuk perumahan warga,” terangnya.

Dirinya mengingatkan warga tentang kesiapsiagaan bencana.

“Warga pun harus siap mengantisipasinya agar tidak meluas bencana tersebut,” pungkasnya.

(arf/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds