Partai Nasdem Pastikan Satu Fraksi dengan Perindo di DPRD Jabar

Ilustrasi Partai NasDem.

Ilustrasi Partai NasDem.

POJOKJABAR.com, BANDUNG –  Partai Nasional Demokrat (Nasdem) diprediksi bakal satu fraksi dengan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) di DPRD Jabar untuk lima tahun mendatang.

Demikian diutarakan anggota DPRD Jawa Barat dari Partai Nasdem, periode 2019-2024, Tia Fitriani, saat ditemui di Gedung DPRD Jawa Barat, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Selasa (10/9/19).

Tia menengaskan, partainya Nasdem gabung satu fraksi dengan Perindo di DPRD Jabar.

“Sekarang penentuannya di rapat paripurna DPRD Jabar,” ucapnya.

Kendati masih diprediksi, Tia mengungkapkan pihaknya sudah mengantongi nama fraksi untuk diajukan pada rapat paripurna, yaitu fraksi Nasdem Persatuan Indonesia.

“Tadinya Nasdem Persatuan Pembangunan waktu ada PPP. Tapi setelah tidak ada PPP, Nasdem Persatuan Indonesia,” terangnya.

Dikatakan Tia, sebelumnya Nasdem  sudah bersepakat dengan PPP untuk membentuk fraksi gabungan. Namun semuanya harus dikembalikan kepada kebijakan inter partai.

“Tadinya kita dengan PPP. Tadinya sudah positif banget dengan kita. Kalau di level atas sudah clear. Sounding-nya sudah luar biasa. Tapi ‘kan kebijakan partai berbeda. Ya mau tidak mau harus diterima,” ucapnya.

Sekadar diketahui, syarat pembentukan fraksi harus memiliki minimal tiga anggota. Parpol yang anggotanya kurang dari tiga, mau tidak mau harus bergabung dengan parpol lain untuk membentuk fraksi.

Terdapat sepuluh partai politik menduduki kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat pada periode 2019-2024. Setidaknya, ada delapan fraksi yang terbentuk, dua2 di antaranya merupakan fraksi gabungan.

Enam partai yang bakal membentuk fraksi sendiri, yakni PKS, PDIP, Partai Golkar, PKB, dan Demokrat. Diprediksi dua lainnya membentuk fraksi gabungan, yakni Nasdem Perindo dan Gerindra PPP.

Pada pileg lalu, Partai Nasdem hanya mendapatkan 4kursi, sedangkan Partai Perindo mendapatkan 1 kursi, dan PPP hanya mendapatkan 3 kursi.

(arf/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds