Persib dan Persebaya Selamatkan Jumlah Rata-Rata Penonton Arema FC

Laga Persebaya vs Persib dipastikan dipadati penonton./Foto: jpc

Laga Persebaya vs Persib dipastikan dipadati penonton./Foto: jpc

POJOKJABAR.com, BANDUNG– Selama beberapa pertandingan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, maupun di Stadion Gajayana, Kota Malang, masih ‘sepi’ penonton.

Hal ini lantaran jumlah penonton Arema FC saat laga kandang sepanjang putaran pertama masih belum sesuai ekspektasi.

Panitia pelaksa pertandingan Arema FC kini mencari cara agar jumlah penonton meningkat pada putaran kedua.

Dari sembilan pertandingan kandang, jumlah penonton tertinggi adalah ketika Arema FC menjamu Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan. Sebanyak 37.406 pasang mata menyaksikan langsung pertandingan penting yang berakhir 4-0 untuk kemenangan Arema FC itu (15/8).
Arema FC
Urutan kedua adalah ketika Arema FC menjamu Persib Bandung pada 30 Juli. Jumlah penontonnya menembus 31.599. Sedangkan posisi ketiga penonton terbanyak ditempati laga Arema FC kontra PSIS Semarang.

Namun, jumlahnya sangat jauh ketimbang dua pertandingan besar itu yakni ‘cuma’ 15.258 orang.

Sementara itu, laga kandang Arema FC yang tersepi adalah ketika Singo Edan menjamu Bhayangkara FC, Barito Putera, dan Perseru Badak Lampung. Jumlah penontonnya masing-masing adalah 5.234, 5.652, dan 7.510 orang.

Ketua panitia pelaksana pertandingan Arema FC Abdul Haris mengatakan bahwa pihaknya masih tetap berharap dukungan Aremania akan lebih banyak lagi. Terutama pada putaran kedua nantinya.

Dalam analisis Haris, ada beberapa faktor yang membuat antusiasme penonton di stadion masih naik-turun.

”Di antaranya karena pertandingan live, lalu berlangsung pada hari aktif, dan jam kerja. Sehingga memang tidak maksimal untuk memenuhi stadion,” ucapnya.

Selain itu, Haris melanjutkan bahwa ada banyaknya pertandingan dalam sebulan juga membuat Aremania hanya memilih beberapa pertandingan prioritas saja.

”Kadang kan pertandingan tiga sampai empat di kandang. Ini juga mengurangi jumlah penonton yang datang,” katanya.

Sejauh ini, lanjut Haris, tingkat kehadiran penonton masih belum sesuai harapan. ”Namun, kami tetap berterima kasih kepada Aremania yang terus men-support,” ucapnya.

Dia menegaskan bahwa rata-rata jumlah penonton yang datang langsung ke stadion sejatinya tidak jelek-jelek amat.

Kalau pukul rata, ada 16 ribuan penonton yang hadir perpertandingan. Sementara itu, pendapatan Arema FC selama putaran pertama ini, yakni total sembilan pertandingan, mencapai Rp 5 miliar.

(jpc/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds