Categories: BandungNasional

Ridwan Kamil Kritik Pemindahan Ibukota Negara ke Kaltim

POJOKJABAR.com, BANDUNG— Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan kritik pada desain ibu kota baru yang telah dirilis pemerintah pusat. Banyak hal yang dikritik Ridwan Kamil.

Kendati demikian, Gubernur yang dulunya berprofesi sebagai arsitek itu tetap mendukung rencana pemerintah pusat tersebut.

“Kalau sudah jadi pertimbangan pemerintah pusat, DPR, saya kira kita dukung. Cuma, sebagai arsitek, saya melihat desain dan asumsi kota baru banyak hal-hal kurang tepat,” ucap Ridwan Kamil, Senin (26/8).

Salah satu yang disoroti Ridwan Kamil adalah efesiensi penggunaan lahannya.

Menurut dia, lahan 200.000 hektare yang disiapkan pemerintah pusat untuk ditempati 1,5 juta penduduk terlalu luas.

“Menurut saya boros lahannya,” ujarnya.

Berdasarkan perhitungannya, dengan jumlah penduduk sebanyak itu, lahan yang disediakan idealnya cukup 35.000 hektare saja.

Sehingga, selain bakal ramai, juga tidak menimbulkan pemborosan dalam penyiapan infrastruktur penunjangnya.

“Jadi, kalau 1,5 juta penduduk, tanahnya cukup 35.000. Akan dihuni 1,5 juta penduduk, tapi lahannya 200.000 hektare. Kebayang borosnya aspal, kabel, infrastruktur, hanya untuk mengakomodir penduduk itu,” kritik Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil menambahkan, banyak negara di dunia yang mengalami kesalahan dalam merancang ibu kota barunya, seperti Brazil dan Myanmar.

Karena lahan yang disiapkan terlalu luas dan tak sebanding dengan jumlah penduduknya.

“Brazil sampai sekarang tanahnya terlalu luas, masyarakat tidak betah, dan lain-lain. Myanmar juga sama, sepi,” tuturnya.

Emil menambahkan, sebaiknya pemerintah yang dipimpin Jokowi meniru cara Amerika Serikat membangun Washington DC sebagai ibu kota baru mereka.

“Kalau mau contoh baik, tirulah Washington DC. Cukup dengan 17.000 lahan untuk 700.000 orang. Kotanya padat, bisa jalan kaki nyaman. Jangan mengulangi kesalahan, segala harus lahan luas,” ungkap Ridwan Kamil.

 

(ral/rmol/pojokjabar)

ikrar amin

Share
Published by
ikrar amin
Tags: Berita Bandung Hari IniGubernur Jawa Barat Ridwan KamilIbukota Negara Pindah ke KaltimPresiden JokowiWacana Ibukota Negara Dipindah

Recent Posts

  • Cianjur

Cuaca Ekstrim, Pohon di Cianjur Bertumbangan

Cuaca ekstrem kembali menerjang wilayah Cianjur, Rabu (11/12) siang. Hujan deras disertai petir dan angin kencang sejak pukul 14.00 WIB…

12 Desember 2019 15:16 WIB 15:16
  • Sukabumi

Konsleting Listrik, Rumah di Jampangkulon Hangus Terbakar

Memasuki, musim penghujan tak membuat kasus kebakaran hilang begitu saja. Buktinya, satu rumah di Kampung Neglamekar, Rt (7/5), Desa Tanjung,

12 Desember 2019 15:11 WIB 15:11
  • Bandung

Kapolda Jabar Dapat Penghargaan Bintang Bhayangkara Pratama dari Kapolri

Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat, Irjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi di anugerahi tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Pratama.

12 Desember 2019 15:07 WIB 15:07
  • Priangan

Nenek Walsiah yang Hilang di Gunung Pasir Sumedang Ditemukan Meninggal Dunia

Tim Basarnas Kantor SAR Bandung berhasil menemukan seorang nenek usia 65 tahun atas nama Walsiah, yang hilang di gunung pasir…

12 Desember 2019 15:04 WIB 15:04
  • Bandung

Libur Natal dan Tahun Baru, Polda Jabar Imbau Pemudik

Polda Jabar terus menyiapkan pengamanan menjelang natal dan tahun baru (nataru). Ditlantas Polda Jabar melakukan persiapan dengan pemantauan di jalan…

12 Desember 2019 14:44 WIB 14:44
  • Bekasi

Induk Lutung Jawa Muaragembong Mati Kelaparan, Habitatnya Terancam

POJOKJABAR.com, BEKASI - Populasi Lutung Jawa di Kampung Muarabendera, Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muaragembong terus terancam. Saat ini jumlahnya tidak…

12 Desember 2019 14:38 WIB 14:38