MUI Panggil Ustaz Abdul Somad, Minta Jelaskan Isi Ceramah Salib ke Ummat

Ustadz Abdul Somad berdakwah di pedalaman NKRI (Fb)

Ustadz Abdul Somad berdakwah di pedalaman NKRI (Fb)

POJOKJABAR.com, JAKARTA-– Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan memanggil Ustadz Abdul Somad untuk klarifikasi soal ceramah salib beberapa waktu lalu, yang saat ini hangat diperbincangkan.

Demikian disampaikan Waketum MUI Zainut Tauhid Sa’adi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/8).

Zainut katakan, pihaknya ingin mendengar langsung penjelasan dari Ustaz Somad agar ummat tau bahwa video tersebut bukan untuk menyinggung hati ummat kristiani.

“Kami ingin menggali dari beliau secara detail. Agar nantinya tidak salah dalam mengambil keputusan, maka kami perlu bertabayyun terlebih dulu dengan yang bersangkutan,” kata Zainut.

Atas kasus yang memicu amarah umat kristiani, Zainut mengimbau pihak yang merasa tersakiti tetap bersabar, tidak terpancing dan terprovokasi oleh oknum-oknum.

“Jangan sampai ada pihak yang menciptakan keresahan di masyarakat dengan cara mengadu domba antarumat beragama,” ungkapnya.

Sebelumnya, UAS telah menyampaikan klarifikasi ucapannya lewat forum internal. Ia mengaku heran video pengajiannya soal salib menjadi viral.

UAS menjelaskan ucapannya itu sebagai bentuk jawaban dari jemaah yang bertanya. Dimana jamaah ini bertanya tentang hukum patung dalam Islam, termasuk patung Jesus.

Dan UAS pun memberikan jawaban terkait itu menurut hukum Islam.

Ia mengklaim, ceramahnya itu dilakukan sekitar tiga tahun lalu. Ceramah itu dilakukan di dalam masjid dan hanya untuk kalangan umat Islam saja.

Saat itu UAS diundang di sebuah pengajian di Pekanbaru, Riau. Ia mempertanyakan alasan video tersebut baru dipermasalakan sekarang.

“Kenapa diviralkan sekarang. Saya tidak akan lari, saya tidak akan mengadu. Saya tidak akan takut karena saya tidak merasa bersalah, saya tidak pula merusak persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Ustadz Abdul Somad.

 

(fir/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds