Ridwan Kamil Lobi Jokowi Soal bagi-bagi Uang

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil./Foto: Ega

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil./Foto: Ega

POJOKJABAR.com, BANDUNG-– Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan melobi Presiden Jokowi untuk memprioritaskan Jawa Barat dalam hal dana alokasi pembangunan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga menegaskan kepada pemerintah di daerah, agar tidak bergantung kepada APBD saja dalam membangun.

Menurutnya masih ada delapan pintu anggaran yang dapat dimanfaatkan agar pembangunan tidak melulu tergantung pada APBD.

Disebutkan Emil, selain APBD kabupaten/kota, APBD provinsi, dan APBN, ada lima pintu anggaran lain, yaitu dana swasta melalui KPBU (Kerja sama Pemerintah Badan Usaha) atau Public Private Partnership (PPP), obligasi daerah, dana perbankan, dana umat, dan dana CSR.

“Kita komit bahwa sumber pembayaran pembangunan ini ada pintu APBN. Kita akan lobi, dengan hasil detail dari tingkat II,” kata Ridwan Kamil.

“Saya akan lobi kementerian atau Presiden untuk memprioritaskan Jawa Barat yang memang penduduknya, secara populasi, paling besar,” kata Ridwan Kamil di acara Kopdar (Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah) Triwulan II 2019 di Resort Prima Sangkanhurip, Kabupaten Kuningan, Kamis (11/7).

Emil juga mengingatkan, bahwa bantuan keuangan yang akan diberikan Pemprov Jawa Barat kepada pemda kabupaten/kota tidak sembarangan.

Bantuan diberikan berdasarkan kriteria tertentu, seperti jumlah penduduk dan capaian prestasi daerah.

“Kita memberikan, tidak asal memberi, tapi datang dari berdasarkan kualitas dan jumlah penduduk. Kemudian, prestasi kabupaten/kota yang bisa dikasih lebih,” ucapnya.

“Termasuk siapa yang berhasil menyukseskan program provinsi lebih aktif tentu akan kita berikan tambahan,” tandasnya.

 

(ral/rmol/pojokjabar)

loading...

Feeds

Ngelem

Miris, Masih SD Sudah Ngelem

Tiga bocah yang masih berstatus pelajar salah satu Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Cugenang, tertangkap basah sedang asyik menggelar pesta …