Categories: BandungPriangan

Sidang Tuntutan Korupsi Mantan Sekda Tasikmalaya Batal, Sekda Sering Sebut Nama Wagub Uu

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Selama sidang korupsi bansos Tasikmalaya, saksi dan terdakwa menyebut peran Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum, saat itu jabat bupati. Namun Uu mangkir hingga sidang tuntutan digelar.

Uu yang kini menjabat Wagub Jabar sempat dua kali dipanggil oleh majelis hakim namun tidak pernah datang ke pengadilan untuk bersaksi.

Jaksa Kejati Jabar yang menjadi JPU dalam kasus dana hibah bansos Kabupaten Tasikmalaya tahun Anggaran 2017, batal membacakan tuntutan kepada  terdakwa Abdul Kodir yang merupakan mantan Sekda Kabupaten Tasikmalaya, Senin (25/3).

JPU Kejati, beralasan belum siap membacakan tuntutan u‎ntuk sembilan terdakwa.

Sedianya, tuntutan akan dibacakan di Pengadilan‎ Tipikor pada Pengadilan Negeri Bandung, Senin (25/3/2019), namun di ruang persidangan, JPU meminta tambahan waktu kepada majelis hakim untuk menyusun tuntutan.

“Kami meminta waktu satu minggu lagi untuk pembacaan tuntutan karena kami masih menyusun tuntutan,” ujar jaksa Henny Maryani kepada wartawan, Senin (25/3) di Pengadilan Negeri Bandung.

Ketua Majelis Hakim, M Razaad pun menerima permintaan tim jaksa.

Sidang tuntutan pun disepakati ditunda selama satu Minggu kedepan.

Sidang tuntutan akan digelar pada Senin 1 April 2019 mendatang.

“Karena JPU menyatakan belum siap membacakan tuntutan, sidang ditunda hingga pekan depan. Dan harus selesai karena ini berkaitan dengan penahanan para terdakwa yang berakhir pada 28 April 2019 mendatang,” kata Ketua Majelis Hakim, M Razaad.

“Satu minggu harus sudah jadi (tuntutan). Nanti pembelaan dari terdakwa kami beri satu minggu untuk menyusun tuntutan,” ujarnya.

‎Sembilan terdakwa dalam kasus ini yakni Sekda Pemkab Tasikmalaya Abdul Kodir, Kabag Kesra Setda Kabupaten Tasikmalaya Maman Jamaludin, Sekretaris DPKAD Ade Ruswandi.

Inspektorat Kabupaten Tasikmalaya Endin, PNS di bagian Kesra Kabupaten Tasikmalaya Alam Rahadian Muharam, PNS di Kesra Kabupaten Tasikmalaya Eka Ariansyah. Lalu dari unsur non ASN yakni Lia Sri Mulyani, Mulyana dan Setiawan.

Seperti diketahui, kasus ini berawal dari Pemkab Tasikmalaya menganggarkan Rp170 miliar dari APBD Tasikmalaya untuk 1200 lebih penerima hibah.

Namun, pencairan uang untuk 21 penerima hibah bermasalah karena para terdakwa bekerja sama memotong dana hibah untuk ke-21 penerima.

Ke -21 penerima hibah itu seharusnya mendapat dana hibah masing-masing di kisaran Rp 100 juta hingga Rp 250 juta.

Namun, oleh terdakwa, 90 persen dana hibah itu dipotong sehinga penerima hibah hanya menerima 10 persennya saja.

Berdasarkan hasil penghitungan dari Inspektorat Kabupaten Tasikmalaya nomor : 700/ 1129/ Inspektorat tanggal 28 September 2018 dengan hasil negara mengalami kerugian mencapai Rp 3,9 miliar.

Selama persidangan, saksi dan terdakwa meyebut peran Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum yang saat pemberian hibah, menjabat Bupati Tasikmalaya.

Uu yang kini menjabat Wagub Jabar sempat dua kali dipanggil oleh majelis hakim namun tidak pernah datang ke Pengadilan untuk bersaksi.

 

(arf/pojokjabar)

ikrar amin

Share
Published by
ikrar amin
Tags: Berita Tasikmalaya Hari IniSidang Korupsi Bansos Tasikmalayawagub jabarWagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum

Recent Posts

  • Bandung
  • Nasional

Kuasa Hukum Jamal ‘Preman Pensiun’ Tunggu Surat Resmi Polisi, Ungkap Harapan pada Klien

Apalagi narkoba jenis sabu yang kerap digunakan para artis tanpa mereka sadari bahwa narkoba jenis ini bisa sangat cepat merusak…

23 Juli 2019 18:40 WIB 18:40
  • Cianjur

Miris, Masih SD Sudah Ngelem

Tiga bocah yang masih berstatus pelajar salah satu Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Cugenang, tertangkap basah sedang asyik menggelar pesta…

23 Juli 2019 18:33 WIB 18:33
  • Depok

Vokasi UI-Universitas Terbuka Luncurkan Pelatihan Jarak Jauh

Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) berkolaborasi dengan Universitas Terbuka (UT), kemarin. Keduanya sepakat meluncurkan program pelatihan

23 Juli 2019 18:11 WIB 18:11
  • Bogor

Innalillahi, 7 Kecamatan di Kabupaten Bogor Kering Kerontang

Kami mengimbau masyarakat tidak membakar sampah atau kegiatan lain yang dapat memercikan api besar selama tiga bulan ini. Karena akan…

23 Juli 2019 17:56 WIB 17:56
  • Bandung

Alhamdulillah, 24 Personil Polrestabes Bandung Dapat Penghargaan, Lihat Videonya

Program ini terus kita lanjutkan dalam rangka apresiasi anggota dan sekaligus memotivasi kinerja anggota agar lebih aktif ddan profesional untuk…

23 Juli 2019 17:33 WIB 17:33