Keren, Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan Menembus Bukit, Berikut Foto-fotonya

Tol Cileunyi Sumedang Dawuan yang menembus bukit (ist)

Tol Cileunyi Sumedang Dawuan yang menembus bukit (ist)

POJOKJABAR.com, BANDUNG— Proyek tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) masih tahap pembangunan. Tol ini ditargetkan rampung pada September 2019 ini.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT Danang Parikesit menjelaskan, yang akan lebih dulu rampung adalah tol Cisumdawu seksi III Sumedang-Cimalaka. Dan pihaknya masih melakukan pembebasan lahan khususnya untuk seksi IV, V dan VI.

Saat ini seksi III sudah mencapai progres konstruksi sebesar 59,09%. Ditargetkan tol Cisumdawu seksi III sepanjang 4 km selesai pada September 2019.

 

Tol Cileunyi Sumedang Dawuan yang ditargetkan rampung September 2019 (ist)

Tol Cileunyi Sumedang Dawuan yang ditargetkan rampung September 2019 (detik)

“Ini sudah dilaksanakan dan harapan kita kita bisa menyelesaikannya di bulan September 2019,” kata Danang dalam jumpa pers di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Senin (4/3).

Untuk konstruksi seksi II sepanjang 17,05 km dibagi dua fase. Fase I Ranca Kalong-Ciherang sepanjang 6,35 km sudah selesai dibangun pada 2017. Sementara fase II Ciherang-Sumedang sepanjang 10,7 km baru mencapai progres 63,42%.

Berikutnya tol Cisumdawu seksi I sepanjang 10,57 km masih proses pembebasan lahan sekaligus konstruksi. Pembebasan lahan mencapai 65,86% dan progres konstruksi 14,26%.

“Memang PR kita yaitu seksi I dan seksi II. Itu kaitan dengan pembangunan tol Cisumdawu,” sebutnya.

Sementara itu, untuk seksi IV, V, dan VI masih dalam tahap pembebasan lahan. Namun Danang belum bisa menyebutkan bagaimana progresnya.

“Seksi IV-VI pengadaan lahannya Cisumdawu, masih belum,” tambahnya.

Dalam proyek pembangunan Jalan Tol Cileunyi- Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) ini ada dua terowongan yang membelah bukit. Kedua terowongan ini sudah tembus pada 2018 lalu.

Terowongan itu memiliki panjang sekitar 472 meter menembus bukit yang berada di perbatasan Desa Cigendel, Kecamatan Sumedang Selatan dan Desa Pemulihan, Kecamatan Pemulihan, Kabupaten Sumedang.

Dalam pelaksanaan pembangunan terowongan itu, tidak menemukan hambatan yang cukup berarti.

 

(ral/int/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds