Hoaks Foto Tol Cisumdawu Beredar Luas di Medsos, Berikut Fakta Sebenarnya

Tol Cileunyi Sumedang Dawuan yang menembus bukit (ist)

Tol Cileunyi Sumedang Dawuan yang menembus bukit (ist)

Quick Count Pilpres 2019

POJOKJABAR.com, SUMEDANG- Sejumlah foto Tol Cisumdawu yang beredar di media sosial ternyata hoaks. Lokasi sebenarnya berada di Antalya Highways di Turki.

Salah satu akun Youtube Mesut Aygar pernah mengunggah video kondisi di Antalya Highways pada 20 September 2017 lalu dengan views mencapai 17,000 dan berjudul “MERSİN ANTALYA YOLU ANAMUR MELLEÇ VİYADÜĞÜ”.

Selain itu, terpantau di Instagram, foto ini pernah diposting oleh [email protected]

“Turkish Highway 🔥🔥 #turkey,” tulisnya.

Selain itu, grup Facebok Emak-emak Cyber Army pun turut menyebar info tersebut.

“Penampakan tol Cisumdawu, Cileunyi-Sumedang-Dawuan, 60 km, yang memangkas dan menerobos bukit.
(foto: ist)”

Salah seorang warga bernama Iwan, juga membeberkan bahwa foto tersebut di Turki, bukan di Indonesia.

“Itu ‘kan di Turki, bukan di Indo. Yang nyebar akun-akun pendukung Jokowi. Coba aja cari di Facebook Tol Cisundawu, pasti yang nyebar akun-akun pendukung Jokowi, tapi malah pada dibuli,” bebernya.

Sebelumnya diberitakan, Proyek tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) masih tahap pembangunan. Tol ini ditargetkan rampung pada September 2019 ini.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT Danang Parikesit menjelaskan, yang akan lebih dulu rampung adalah tol Cisumdawu seksi III Sumedang-Cimalaka. Dan pihaknya masih melakukan pembebasan lahan khususnya untuk seksi IV, V dan VI.

Saat ini seksi III sudah mencapai progres konstruksi sebesar 59,09%. Ditargetkan tol Cisumdawu seksi III sepanjang 4 km selesai pada September 2019.


“Ini sudah dilaksanakan dan harapan kita kita bisa menyelesaikannya di bulan September 2019,” kata Danang dalam jumpa pers di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Senin (4/3).

Untuk konstruksi seksi II sepanjang 17,05 km dibagi dua fase. Fase I Ranca Kalong-Ciherang sepanjang 6,35 km sudah selesai dibangun pada 2017. Sementara fase II Ciherang-Sumedang sepanjang 10,7 km baru mencapai progres 63,42%.

Hoaks Foto Tol Cisumdawu Beredar Luas di Medsos, Berikut Fakta Sebenarnya

Hoaks Foto Tol Cisumdawu

Berikutnya tol Cisumdawu seksi I sepanjang 10,57 km masih proses pembebasan lahan sekaligus konstruksi. Pembebasan lahan mencapai 65,86% dan progres konstruksi 14,26%.

“Memang PR kita yaitu seksi I dan seksi II. Itu kaitan dengan pembangunan tol Cisumdawu,” sebutnya.

Sementara itu, untuk seksi IV, V, dan VI masih dalam tahap pembebasan lahan. Namun Danang belum bisa menyebutkan bagaimana progresnya.

“Seksi IV-VI pengadaan lahannya Cisumdawu, masih belum,” tambahnya.

(mar/pojokjabar)

loading...

Feeds