20 Ribu Surat Suara di Kabupaten Bandung Barat Rusak

Pelipatan surat suara .Foto: Rishad

Pelipatan surat suara .Foto: Rishad

Quick Count Pilpres 2019

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Meski proses sortir dan lipat (sorlip) surat suara di Kabupaten Bandung Barat telah selesai, namun tercatat sedikitnya ada 20 ribu surat suara Pilpres dan Pileg yang rusak. Untuk keseluruhan surat suara sebanyak 6 juta lembar surat suara.

Ketua KPU Kabupaten Bandung Barat, Adi Saputro menerangkan, sorlip surat suara DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten, DPD maupun Pilpres sudah beres sejak hari Rabu (20/3/19) lalu yang dikerjakan oleh 600 petugas yang dibagi dalam tiga lokasi.

“Sekitar 20 ribu surat suara yang mengalami rusak akan dicek lagi kondisi fisiknya, jika sudah, akan kami laporkan ke KPU provinsi untuk menganti surat suara yang rusak ini,” katanya, Jumat (22/3/19).

Dia mengatakan, saat ini pihaknya belum bisa memastikan jumlah penggantian surat suara yang rusak tersebut karena petugas masih menghitungnya.

Adi mengungkapkan, surat suara yang rusak mayoritas karena adanya bercak tinta, terlebih bercak ini terdapat di kolom calon sehingga dikhawatirkan dikondisikan.

” Oleh karena itu, surat suara itu dinyatakan rusak dan dipisahkan dengan yang lainnya,” tuturnya.

Kurang dari sebulan jelang Pemilu, menurut dia, logistik kotak suara dan bilik suara juga masih kurang. Meski demikian, kekurangan tersebut tidak terlalu signifikan. Selain melengkapi logistik pemilu, KPU terus melakukan pemutakhiran data pemilih.

“Saat ini kami masih kekurangan 500 kotak suara dan 200 buah bilik suara,” bebernya.

Untuk mengerjakan sorlip, KPU menggelontorkan anggaran Rp 600 juta, di mana setiap petugas menerima honor Rp 75 per lembar. Adi menyebut, jika satu orang mampu menyelesaikan surat suara sebanyak 2 ribu lembar per hari, berarti mereka akan mendapat honor Rp150 ribu.

“Honornya Rp 75 per lembar surat suara. Awalnya, target kita, per orang bisa bereskan satu dus per hari, tapi sepertinya lebih,” tambah Adi.

(RBD/bie/pojokjabar)

loading...

Feeds