Tak Ada Tong Sampah, Satpol PP Kota Bandung ‘Usir’ 53 Mobil dari Area Balkot

Petugas Satpol PP melakukan pemeriksaan tempat sampah setiap kendaraan yang akan masuk ke Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Senin (18/3/19). Ist

Petugas Satpol PP melakukan pemeriksaan tempat sampah setiap kendaraan yang akan masuk ke Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Senin (18/3/19). Ist

Sementara itu, Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan (Bagumpal) Setda Kota Bandung Andri Darusman mengatakan, tidak semua mobil dinas di lingkungan Pemkot Banung dijamin lolos uji emisi.

“Memang kami secara rutin melakukan servis sterhadap mobil dinas, tapi kami tidak tahu persis bagaimana hasilnya,” terangnya.

Andri menjelaskan, ada kemungkinan untuk mobil-mobil tua, tidak lulus uji emisi.

“Kan ada mobil yang keluar tahun 2011, kalau sudah di atas lima tahun itu mobil tua. Kita tidak bisa pastikan lolos uji emisi atau tidak,” tandasnya.

Dalam upaya menyosialisasikan peraturan penyediaan tong sampah, Senin (18/3/19) pagi selepas Apel, Satpol PP Kota Bandung telah “mengusir” 53 mobil dari komplek perkantoran Pemkot Bandung.

“Pagi ini kami mengecek mobil yang masuk ke komplek perkantoran Pemkot Bandung untuk mengetahui apakah di mobil nya ada tempat sampah atau tidak,” ujar Sekretaris Satpol PP Kota Banung, Tantan Syurya Santana.

Tantan mengatakan, untuk mobil yang kedapatan tidak menyediakan tempat sampah, akan diminta untuk tidak parkir di lingkungan Balai Kota Bandung.

“Pemeriksaan ini berlaku selama tiga hari, sebagai bentuk sosialisasi,” tambah Tantan.

Setelah tiga hari, lanjut Tantan, akan diberlakukan denda sebesar Rp500 ribu. Menurut Tantan, peraturan ini sesuai dengan Perda No 9 tahun 2018 tentang Pengolahan sampah, dimana pada pasal 51 tertera bahwa jika dalam kendaraan pribadi maupun kendaraan angkutan, tidak disediakan tempat sampah, maka akan dikenakan enda sebesar Rp500 ribu.

“Dulu, Perda yang diberlakukan adalah Perda 11 tahun 2005, tentang Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan (K3), dimana yang tidak menyediakan tong sampah dikenakan denda Rp250 ribu,” pungkasnya.

(RBD/mur/pojokjabar)

loading...

Feeds

Ngelem

Miris, Masih SD Sudah Ngelem

Tiga bocah yang masih berstatus pelajar salah satu Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Cugenang, tertangkap basah sedang asyik menggelar pesta …