Harga Bawang di Pasar Tradisional Kota Cimahi Naik, Satgas Pangan Bertindak

bawang merah (ilustrasi)

bawang merah (ilustrasi)

Quick Count Pilpres 2019

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Tim Satgas Pangan Polres Cimahi segera menelusuri penyebab kenaikan harga sejumlah jenis bawang dari tingkat bandar ke pedagang di pasar tradisional. Sebab, kenaikan harga bawang sudah melebihi Rp1.000 sampai Rp2.000 ribu rupiah perkilogramnya.

“Kita akan lihat dulu ketersediaan barang di pasar seperti apa. Kalau memang sulit, ada dua kemungkinan, karena ditimbun atau memang distribusinya terhambat,” ujar Ketua Tim Satgas Pangan Polres Cimahi AKP Niko N Adiputra saat dihubungi Radar Bandung (Pojoksatu.id Group), Senin (18/03/2019).

Dia menegaskan, jika terbukti ada penimbunan maupun pengendalian harga dari kartel (bandar), bisa dikenakan tindak pidana ekonomi.

“Jadi untuk meningkatkan harga, mereka (bandar) berbuat curang dengan menimbun pasokan barangnya. Permainan harga itulah yang akhirnya bisa kita kenakan undang-undang ekonomi,” katanya.

Untuk memastikan keterlibatan kartel pada kenaikan harga bawang kali ini, lanjut dia, mesti ada pengecekan ke beberapa pasar tradisional hingga gudang penyimpanan.

“Jika kenaikan lebih dari 50 persen, kita tidak bisa memastikan dari satu titik saja, mesti dicek dulu ke beberapa pasar di Kota Cimahi dan daerah lainnya,” ucapnya.

Dalam upaya membongkar pelaku tindak pidana ekonomi di wilayah hukumnya, kata Niko, pihaknya akan melakukan pengawasan dengan melibatkan unit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) dan Resmob Polres Cimahi, Binmas dan juga Intel serta Polsek jajaran.

“ Tim akan bergerak setiap hari melakukan pemantauan dan pengecekan ke sejumlah pasar tradisional. Diharapkan, masyarakat juga memberikan informasi, karena untuk mengungkap kasus ini tidak bisa hanya dari sepihak,” tuturnya.

Ia mengimbau, kepada seluruh elemen masyarakat, jangan ragu untuk melaporkan apabila menemukan hal yang bisa merugikan masyarakat terutama di bidang kebutuhan pokok.

“Jadi selain melakukan monitoring, kami pun melakukan penindakan. Peran masyarakat juga sangat penting. Silakan laporan ke Polres Cimahi, dan sekecil apapun informasinya akan kami tindak lanjuti sesuai hukum yang berlaku,” tandasnya.

(RBD/dan/pojokjabar)

loading...

Feeds