Uu Ruzhanul Ulum Disebut Bukan Warga Negara yang Baik, Mangkir 3 Kali Panggilan Sidang Korupsi

Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum

Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum

POJOKJABAR.com, BANDUNG— Wagub Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum seharusnya memberikan teladan yang baik dengan menghadiri persidangan di PN Bandung terkait kasus korupsi bansos Tasikmalaya.

Namun, apa yang dilakukan Wakil Ketua DPW PPP Jabar ini justru selalu menghindar dan jauh dari kata taat terhadap hukum.

Demikian dikatakan Ketua Pusat Studi Politik dan Keamanan (PSPK) Universitas Padjadjaran, Muradi kepada Kantor Berita RMOLJabar, Senin (18/3).

“Posisi Uu sebagai warga negara yang baik harusnya hadir. Apalagi sebagai Wakil Gubernur, pejabat negara harusnya bisa beri contoh,” ucap Muradi.

Muradi mengatakan, ada dua kemungkinan yang membuat mantan Bupati Tasikmalaya tersebut tidak hadir dalam persidangan.

“Yang pertama memang ada hal yang membuat dia tidak hadir karena kesibukan sebagai pejabat. Kedua, harus di dalami apakah ini terlibat politis dan ini jangan dianggap tidak mau, harus di perdalam,” jelasnya.

Menurutnya, semakin Uu menghindari proses hukum, efeknya makin tak bagus buatnya.

“Wajar gak wajar sih, posisi dia sekarang bisa berupaya mengulur waktu jadi wajar,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum kabur saat ditanya wartawan terkait ketidakhadiran dalam sidang sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi dana bansos Kabupaten Tasikmalaya, Senin (18/3).

Uu tanpa memberikan sepatah kata langsung masuk ke dalam mobil dinasnya dan pergi.

Keberadaan Uu di Sukabumi sendiri untuk menghadiri peluncuran program pendidikan vokasi industri dalam rangka membangun link dan match industri dengan SMK se-Jawa Barat di Cicurug Kabupaten Sukabumi.

Sebelumnya, mantan Bupati Tasikmalaya itu dijadwalkan akan menjalani persidangan pada pukul 09.00 WIB, Senin (18/3).

Orang nomor dua di Jabar ini menjadi saksi di sidang lanjutan kasus dugaan pemotongan dana bantuan sosial Kabupaten Tasikmalaya.

Sebelumnya, Uu pernah menyatakan kesiapannya bilamana diminta bersaksi dalam kasus korupsi dana bansos Tasikmalaya.

Saat itu Uu menegaskan akan taat hukum dengan cara hadir menjadi saksi di kasus yang menyeret Sekda Tasikmalaya, Abdul Kodir.

“Masalah saya dalam kasus itu, saya akan taat,” ujar Uu, di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (21/2).

 

(gan/rmol/pojokjabar)

loading...

Feeds