Pemkot Cimahi Gelontorkan Anggaran Rp 10 Miliar untuk Perawatan dan Perbaikan Jalan

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Pemerintah Kota Cimahi menggelontorkan anggaran sebesar Rp10 miliar untuk perbaikan dan perawatan enam ruas jalan kota. Keenam jalan tersebut antaralain Jalan Komplek Veteran, Jalan Ciawitali, Jalan Cipageran, Jalan Cireundeu, Jalan Industri I, dan Jalan Pondok Dustira.

Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Cimahi, Wilman Sugiansyah mengatakan, anggaran perbaikan enam ruas jalan itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Untuk keenam jalan itu kita dapat bantuan dari pusat sebesar Rp10 miliar. Kita akan optimalkan dana tersebut untuk perbaikan,” kata Wilman.

Secara keseluruhan, pada tahun ini pihaknya menyediakan anggaran hingga Rp45 miliar untuk perbaikan dan pemeliharaan sebanyak 118 ruas jalan kota dengan total panjang 105.193 Kilometer. Anggaran tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp 35 miliar dan DAK sebesar Rp10 miliar.

“Kalau perbaikan ruas Jalan Mahar Martanegara tidak termasuk, karena masih tanggung jawab pemenang tender, anggarannya sampai Rp1,3 miliar,” ungkapnya.

Anggaran perbaikan jalan tersebut termasuk untuk perbaikan minor penunjang jalan, seperti perbaikan trotoar maupun drainase, namun tak menyedot anggaran terlalu besar.

“Bulan depan atau April kita sudah mulai proses pelelangan sehingga untuk proses pengerjaan fisik bisa di tengah tahun,” jelasnya.

Pihaknya harus melakukan antisipasi agar pencairan-pencairan berikutnya tidak telat lantaran pencairan DAK terbagi tiga tahap yakni di bulan Juli, Oktober, dan Desember.

“Untuk itu pengerjaan fisik kita sesuaikan dengan skedul keuangan. Kita dahulukan dulu pembangunan yang anggarannya bersumber dari DAK,” terangnya.

Saat ini kemantapan jalan di Kota Cimahi sudah mencapai di atas 90 persen meskipun ada sebagian jalan yang kondisinya kurang laik, namun statusnya milik provinsi.

(RBD/dan/pojokjabar)

loading...

Feeds